Tujuan Melakukan Oversize Pada Mesin | Marah Merah

Tujuan Melakukan Oversize Pada Mesin

Pengertian Oversize Pada Mesin

Pada dasarnya Oversize pada piston dan lubang silinder adalah bertujuan untuk memperbesarvolume ruang bakar. sehingga pastinya volume ruang bakar yang semakin besar ini akan membuat kapasitas runag bakar yang akan menjadi lebih besar pula yang selain dapat menampung bahan bakar yang lebih banyak akan membuat pemampatan saat langkah kompresi menjadi tinggi. Jadi tujuan melakukan Oversize ini adalah meningkatkan volume ruang bakar agar pembakaran menjadi lebih optimal dan menghasilkan tenaga yang lebih besar karena tenaga yang besar sangat keterkaitan dengan pasokan bahan bakar dan kompresi pada ruang bakar yang besar.

Oversize Mesin
Oversize Mesin Mobil

 

Selain untuk meningkatkan kapasitas ruang bakar, Oversize Juga dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki sistem kinarja mesin yaitu dengan tujuan mengembalikan performa mesin motor pada mesin motor standart harian yang telah mengalami kerusakan pada Piston, Ring Piston, dan silinder akhibat usia pemakaian yang tinggi. Dengan melakukan modifikasi oversize pada mesin, performa mesin motor yang dihasilkan dapat kembali normal tanpa harus mengganti Block Mesin dan seluruh komponen didalamnya.

 

Oversize kit Motor
Oversize kit Motor

 

Oversize juga bisa di maknai dengan ubahan yang di lakukan pada sektor silinder yak ni dengan mengganti piston ukuran standar dengan piston baru yang mimiliki ukuran diameter lebih besar (oversize). Pada umumnya ukuran Oversize  yang ada adalah 25, 50, 75, dan 100 dimana perhitungan angka itu mewakili satuan nol koma dalam mili meter, artinya misalkan piston standart memiliki ukuran 51 mm delakukan oversize dengan ukuran 25 maka diameter piston baru yang akan terpasang adalah menjadi 51,25 mm. Oversize pada piston dan silinder ini secara otomatis akan menuntut penyesuaian ukuran pada ring piston yang lebih besar.  Untuk itu maka harus dilakukan korter pada dinding silinder untuk memperluas diameter lubang silinder dengan menyesuaikan ukuran piston yang akan di oversize.

Baca Juga :

Keuntungan dan Kerugian Oversize

Dalam melakukan modifikasi atau melakukan perubahan yang merubahnya menjadi tidak standart pabrikan pasti akan mendaatkan keuntungan dan kerugianya, yaitu :

Keuntungan dilakukan Oversize :

  • Dengan besarnya diameter Piston, bahan bakar yang masukpun lebih banyak
  • Putaran mesin serasa tak abis-abis disebabkan saat putaran tinggi piston speednya blom mencapai limit (21m/s)
  • Walaupun digeber sampai putaran tinggi mesin tetep aman.
  • Puas Nyaman dan bangga naik motor yang bertenaga di putaran tinggi

kekurangan dilakukan Oversize:

  • Dengan putaran mesinnya yang tinggi, dan ruang bakar yang besar maka bahan bakar yang masuk akan banyak (Boros)
  • Tenaga tidak responsif saat putaran bawah, karena pembakarang yang besar.