Tips Merawat Aki Mobil Supaya Awet dan Tidak Cepat Tekor

Tips Merawat Aki Mobil РAki adalah salah satu part ang sangat penting pada kendaraan bermotor karena aki ini tidah hanya berguna untuk penyalaan awal pada kendaraan bermotor khususnya mobil jika tidak ada aki untuk menstater repot juga kan jika memulai harus dengan mendorongnya. Aki Mobil selain berfungsi untuk menstater awal kendaraan bermotor memiliki banyak peran yang lainya seperti untuk memenuhi kelistrikan untuk pengapian, penerangan lampu dan masih banyak lagi. Merawat aki mobil sebenarnya tidaklah sulit dan dapat di lakukan sendiri oleh semua orang, akan tetapi masih banyak pemilik kendaraan yang kurang perhatian dalam masalah ini yang pada akhirnya akan mendapatkan aki mobil cepat tekor, untuk merawat aki kendaraan khususnya mobil ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya 

Cara Merawat Aki Mobil
Cara Merawat Aki Mobil
  • Selalu Menjaga Volume Air Aki

Salah satu sebab aki cepet tekor atau soak adalah mengabaikan keadaan aki dalam kondisi volume air aki yang kurang, karena pada aki memliki ukuran dan ada notifikasi pemberitahuan ukuran yaitu Upper dan Lower, dimana artinya menjaga level aki pada posisi diantara kedua level ukuran tersebut. Air aki tidak boleh terlalu kurang atau dalam batas di bawah Lower begitu juga sebaliknya tidah di sarankan juga melebihi ukuran level Upper pada level indikator aki. Jagalah level aki pada semua cell terjaga pada diantara level Upper dan Lower. Lihat setiap 1 bulan sekali dan tengok apakah level air berkurang atau tidak jika berkurang segeralah di isi pastikan semuanya rata dan tidak melebihi level indikator. Untuk pengisian bisa menggunakan air bersih, aqua atau paling bagus beli isi ulang air aki di bengkel-bengkel terdekat.

  • Menjaga Kebersihan Kutup Aki (positif dan Negatif aki)

Menjaga kebersihan kutup aki disini sangatlah penting, aki memiliki kutub positif dan negatif pada kutub ini sering terjadi penumpukan kotoran berupa kerak putih yang membual aliran listrik yang di salurkan tidak terdelivery secara sempurna yang dapat mengganggu sistem kelistrikan yang sering terjadi adalah aki terasa kurang memilii tenaga kelistrikanya akhibat tidak tersalurkanya dengan baik ke kabel penghantar. Agar aki dapat bekerja dengan maksimal dalam pendistribusian kelistrikan mobil seringlah and cek kebersihan kutup aki ini, jika terdapat kerak anda bisa melepas terlebih dahulu dan membersihkanya dengan sikat kawat ataupun yang lainya. Sikat kawat ini dapat di beli di toko bangunan terdekat.

  • Selalu Menjaga Arus Tegangan Aki

Aki memiliki tegangan normal 12,3-13 Volt. Untuk itu kita harus sering mengecek bisa dengan menggunakan Voltmeter atau datang ke store pembelian aki pastikan tegangan masih di atas 12 Volt, jika di ketahui sudah turun tegangan aki misalnya di angka di bawah 12 Volt (11Volt Kebawah) maka yang perlu di lakukan adalah dengan cara aki di setrum kembali anda bisa melakukanya sendiri atau datang ke tempat setrum aki atau store penjualan aki. Akan tetapi jika sudah di setrum tidak mengalami perubahan masih di bawah 12 Volt makan bersiaplah harus mengganti aki anda dengan aki yang baru.

  • Tempat Dudukan Aki Yang Presisi

Ini sangat lah penting, dudukan aki harus tepat presisi dan di sarankan kuat tidak bergoyang-goyang saat mobil atau kendaraan dijalankan karena ini akan mengakhibatkan kaitan kabel terminal pada aki akan cepat kendor dan gampang lepas parahnya akan cepat rusak pada terminalnya. Maka dari itu pastikan pemasangan dan penempatan aki cukup presisi dan kuat, sehingga kabel kutup bisa terpasang dengan sempurna dan tidak ada gangguan.

  • Hindari Modifikasi Yang Belebihan

Hal ini sangat penting dalam hal kelistrikan mobil, modifikasi mobil memang tidak di larang guna menambah kenyamanan pemilik mobil, akan tetapi menghindari modifikasi tiap komponen mobil tanpa memperhatikan kelistrikan mobil. Hal ini yang dapat mengganggu kelistrikan mobil di antaranya mengganti audio dengan speaker yang mempunyai daya cukup tinggi, mengganti lampu penerangan dengan daya yang besar dan beberapa penambahan yang berlebihan sedangkan sistem kelistrikan tidak dirubah pula, hal inilah yang sering mengakhibatkan aki cepat drop dan tekor. Ada baiknya sebelum mengambil kesimpulan untuk memodifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan berkonsultasi dengan bengkel yang berkompeten sehingga dapat memperhitungkan supaya aki tidak terlalu terbebani.

Demikian tips-tips yang dilakukan untuk merawat aki agar tidak cepat tekor, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.