Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

 

Tips Memilih Mobil Bekas
Tips Memilih Mobil Bekas

Tips Memilih mobil bekas yang berkualiatas – Mempunyai sebuah mobil adalah suatu keinginan hampir setiap orang untuk keperluan membawa pergi atau mengatar keluarga ketempat atau suatu tujuan. Pilihan untuk mempunyai sebuah mobil khususnya di indonesia adalah karena dari segi faktor tansportasi di negara ini masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat secara baik, karena masih banyak kawasan-kawasan yang susah untuk di jangkau kendaraan umum. Saat ini mobil adalah suatu kendaraan yang yang menjadi kebutuhan primer oleh masyarakat, akan tetapi tidak sedikit bagi masarakat yang memilih untuk membeli mobil atau kendaraan bekas karena memang harga mobil baru yang masih melambung cukup tinggi.

Untuk Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas memang harus pandai pandai dan teliti mengeceknya sebelum membeli untuk di gunakan sehari-hari, karena bisa berakibat fatal. Alih-alih kita akan mengeluarkan biaya yang minim karena membeli mobil bekas tetapi malah terperosok karena memperbaiki mobil bekas yang kita beli karena mendapatkan kualiatas mobil bekas yang kurang baik. Perlu ketelitian dan beberapa aspek yan perlu di teliti dan di cek dengan seksama sebelum membeli mobil bekas yang akan kita gunakan. Berikut beberapa bahasan mengenai Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas yang perlu di perhatikan sesaat seakan membeli mobil bekas supaya mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza Veloz 2018

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Wuling Cortez 2018

1. Tempat Pembelian

Dalam Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas kita perlu perhatikan akan kemana kita mencari atau membidik pilihan mobil bekas yang akan kita beli. Apabila kita akan membeli mobil bekas di tempat penjualan mobil umum atau sering kita dengar Showroom mobil perlu kita perhatikan juga kualitas showroom mobil yang akan kita datangi, karena ini sangat penting dan sangat menentukan asal muasal dan kualitas mobil. Akan lebih baik datang ke Showroom mobil yang besar dan berkualitas sekalian dari pada ke Showroom mobil yang biasa di pinggir jalan walaupun sedikit pastinya harga lebih sedikit di atas rata-rata. Langsung saja ke showroom mobil ternama, karena showroom mobil ternama dan berkualitas pasti akan membeli barang dagangan yang berkualitas pula.

Hindari juga membeli mobil bekas lewat perantara karena hanya akan memberi biaya tambahan kepada perantara tersebut, Usahakan membeli mobil bekas langsung dari tangan pertama tanpa melalui perantara dan pastikan service record kepada pemiliknya langsung karena ini sangat menentukan kualitas mobil yang terawat atau tidak.

2. Eksterior dan Body Mobil

Dalam pengecekan ini yang paling utama adalah body mobil lakukan dan pastikan periksa dengan teliti mengenai body mobil apakahsudah terdapat banyak yang keropos, penyok, baret-baret goresan, dan pastinya kualitas catnya apakah sudah rusak, atau hanya perlu di poles lagi atau harus masuk ke bengkel body repair untuk memperbaiki atau membuat mobil ini minimal normal walaupun tidak bisa kembali 100% seperti baru. Dalam Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas engecekan bagian body ini sangat penting karena biaya perbaikan body repair sangatlah mahal jika di banding dengan perbaikan sistem di mesin. Perhatikan pula kondisi lampu-lampu termasuk mikanya apakah bisa menghantarkan sinar lampu yang masih bagus atau tidak.

3. Kondisi Mesin

Ini sekmen pengecekan paling penting kedua untuk Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas yaitu pengecekan dan uji fungsi mesin apakah masih bisa hidup dan bekerja dengan baik, perhatikan bunyi dan masing masing komponen seperti sistem AC, sistem pendingin (radiator), sistem pengisian, sistem pengapian sisitem transmisi, apakah masih bekerja dengan normal dan kemudian test drive apakah masih sangat layak dan nyaman untuk di kendarai jika semuanya masih bekerja dengan baik , tak lupa juga cek Oli apakah ada terjadi rembes atau tidak. Paling baik sih bawa teman atau kenalan orang bengkel supaya dapat membantu kita memastikan bahwa mobil bekas yang akan kita beli ini berkualitas atau tidak.

4. Aksesoris dan Interior

Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas selanjutnya setelah pengecekan eksterior dan mesin, lanjut pengecekan terhadap aksesoris dan interior, cek dan pastikan semua panel sistem pada kemudi dan multimedia interface atau Audio Video interface apakah semuanya bekerja dengan baik, jangan lupa pengecekan pada sistem motor electric interior seperti power window, electric mirror, cigarete lighter apakah masih bisa berjalan dengan baik dan normal. Perhatikan jok mobil dan kaca mobil apakah semuanya masih bagus dan layak pakai atau sedikit ada cacat karena bisa menjadikan alasan untuk menawar atau menurunkan harga jika ada beberapa atau segelintir bagian yang kurang atau rusak tidak bekerja.

5. Suspensi dan Kaki-kaki

Untuk membeli atau akan meminang mobil bekas, hal yang paling penting untuk di perhatikan lainya adalah pada sektor ini yaitu suspensi dan kaki kaki, karena sparepart ini adalah termasuk kategori sparepart yang rentan rusak karena faktor lokasi dan jalan yang kurang bagus. Di sektor ini maka daerah atau tempat tinggal mobil sebelumnya sangat mempengaruhi kualitas sparepart kaki-kaki yang terpasang pada mobil yang akan di jual. Periksa dan rasakan dengan seksama saat melakukan test drive usahakan lewatkan jalan yang kurang bagus skalian untuk merasakan suspensi mobil bekas yang akan kita beli apakah masih memiliki suspensi yang nyaman, apakah masih mampu meredam getaran dengan baik atau tidak.

6. Kelengkapan Surat-surat

Setelah beberapa aspek di atas sudah dilakukan pengecekan dan dianggap memenuhi selera yang diinginkan, pastikan surat surat kendaraan mobil STNK dan BPKB tersebut lengkap dan pastikan keaslianya bila perlu bawa untuk Cek Fisik ke Samsat daerah tersebut untuk memastikan bahwa mobil yang akan kita beli benar benar bersih dari tipu-tipu, karena saat ini banyak beredar surat kendaraan bermotor palsu untuk melengkapi kendaraan hasil curian. Surat Kendaraan yaitu STNK dan BPKB ini sangat penting nantinya untuk pengurusan balik nama dan administrasi yang lain.

Baca Juga : Spesifikasi dan harga Nissan Evalia 2018

Pada saat ingin membeli kendaraan bekas pastikan Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas yang saya bahas di atas di lakukan pengecekan dengan hati hati dan teliti, supaya kita mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan dana yang di anggarkan.