Starter Mobil Problem? inilah Lima Tips Inspeksi Awal | Marah Merah

Starter Mobil Problem? inilah Lima Tips Inspeksi Awal

Masalah starter mobil muncul secara tidak terduga dan lebih dari satu alasan. Setiap kali ada terminal yang berkarat, koneksi yang kendur, komponen sistem yang rusak atau rusak akan Anda lihat. Memulai mobil Anda menjadi lebih sulit, atau hanya menolak untuk memulai.

Sayangnya, Anda tidak akan melihat sumber masalah ketika tiba-tiba sistem gagal. Dan berulang kali memutar kunci kontak, berharap bahwa pada akhirnya mesin akan menyala ketika menolak untuk memulai, tidak selalu membantu. Paling sering, itu menciptakan lebih banyak masalah.

Untungnya, masalah sistem starter umum terjadi di tempat-tempat yang dapat diprediksi. Dan Anda memiliki lebih dari satu strategi untuk membantu Anda memeriksa sistem di mobil Anda. Apakah itu kekurangan daya, sambungan listrik yang buruk, atau komponen starter yang buruk, gunakan lima kiat pemecahan masalah ini untuk menyalakan kembali mesin Anda. Mulailah dengan salah satu sumber paling umum dari masalah permulaan mesin.

1. Memeriksa Tegangan Baterai

Anda perlu tahu apakah Anda memiliki cukup jus untuk mengoperasikan motor starter dengan mengukur jumlah tegangan dalam baterai Anda menggunakan voltmeter.

  1.  Atur voltmeter Anda ke kisaran yang lebih tinggi daripada tegangan baterai, seperti 20 volt pada skala tegangan DC (arus searah).
  2. Nyalakan meter dan hubungkan lead uji di seluruh terminal baterai. Sentuh pengarah negatif ke kiriman negatif (-) pada baterai dan ujung positif ke pos positif (+) pada baterai.
  3. Nyalakan lampu mobil Anda.
  4. Baca tampilan pada meteran Anda. Baterai Anda harus memiliki antara 12.4V (75% pengisian) dan 12.6V (100% biaya) untuk mengoperasikan motor starter dengan benar. Jika kurang dari 12,4 V, isi ulang baterai dan coba nyalakan mesin lagi.

Dengan pembacaan 12.4V atau kurang pada baterai tiga hingga empat tahun, itu ide yang baik untuk hidrometer-cek baterai Anda. Hydrometer adalah alat sederhana yang memungkinkan Anda mengetahui kondisi muatan dan kesehatan baterai Anda. Jadi Anda akan tahu apakah satu atau lebih sel gagal. Beli hidrometer murah secara online atau di sebagian besar toko onderdil mobil. Kemudian periksa artikel ini tentang pemecahan masalah aki mobil menggunakan hidrometer.

Sumber Umum Masalah Sistem Starter

  • Koneksi listrik longgar dalam sistem awal
  • Koneksi kotor
  • Terminal baterai berkarat
  • Usang atau gagal bagian sistem starter

2. Memeriksa Kabel-Kabel

Korosi di sekitar terminal baterai mencegah aliran listrik. Ini adalah masalah umum pada baterai atau sistem starter yang belum mendapat banyak perhatian. Jika Anda melihat lapisan korosi di sekitar satu atau kedua terminal baterai, bersihkan mereka dengan larutan soda kue dan air hangat.

  • Campurkan 8 ons air hangat untuk 1 sendok makan baking soda dalam wadah kecil.
  • Mencampur solusinya secara menyeluruh.
  • Lepaskan sambungan terminal dari baterai dan aplikasikan solusi ke terminal dan posting baterai menggunakan sikat yang halus.
  • Bersihkan bagian atas baterai dengan solusinya juga untuk menghilangkan kotoran dan asam, yang menguras daya baterai, tetapi jangan biarkan larutan pembersih meresap di bawah tutup pengisi.
  • Lepaskan penutup dari bagian atas baterai dan periksa level elektrolit. Elektrolit harus mencapai bagian bawah cincin pengisi. Jika perlu, tambahkan air suling untuk membawa elektrolit ke tingkat yang benar.
  • Periksa baki tempat baterai duduk dan bersihkan juga.
  • Sambungkan kembali terminal dan coba nyalakan mesin lagi.

Baca Juga : 3 Kebisingan Rem Paling Umum: Penyebab dan Cara Memperbaikinya

3. Memeriksa Starter Solenoid

Periksa koneksi di solenoid starter (silinder kecil di atas starter) atau starter relay. Sebagian besar kendaraan Ford menggunakan remote starter relay sebagai pengganti solenoid. Kabel baterai positif (merah) terhubung langsung ke relay solenoid atau starter. Tidak dapat menemukan relai? Lihat manual perbaikan kendaraan untuk pembuatan dan model mobil Anda.

Jika solenoid atau relai rusak, mobil tidak akan start.

  • Untuk segera memeriksa solenoid, nonaktifkan sistem start dengan melepaskan kabel tebal dari pusat tutup distributor atau dengan melepas sekring pompa bahan bakar – konsultasikan manual perbaikan kendaraan Anda untuk mencari sekring, jika perlu. Ini akan mencegah mesin secara tidak sengaja memulai saat Anda memeriksa relay solenoid atau starter.
  • Jika Anda memutus kabel dari distributor, gunakan kabel ke braket baut atau logam yang tidak dicat di blok mesin menggunakan kabel jumper.
  • Minta asisten untuk mencoba menyalakan mesin saat Anda mendengarkan suara apa pun yang berasal dari solenoid atau relai starter. Jika Anda mendengar bunyi klik yang keras dan keras, itu berarti arus listrik mencapai solenoid dan bekerja dengan baik. Jika Anda mendengar bunyi klik lemah atau suara berceloteh, periksa kabel yang terhubung ke solenoid starter atau relai.

Periksa kabel yang kotor, longgar, terputus atau rusak yang akan mencegah aliran listrik mencapai motor. Jika kabel dan koneksi dalam kondisi baik, motor starter, solenoid atau relai gagal, dan Anda perlu menggantinya.

Komponen Motor Starter
Komponen Motor Starter

Komponen Motor Starter:

1. Rumah/Body Utama (kuk)
2. Overrunning kopling
3. Armatur
4. Field Coild
5. Brushes
6. Solenoid

4. Memeriksa Motor Starter

Tergantung pada model kendaraan Anda, Anda mungkin perlu menaikkan bagian depan mobil atau melepaskan intake manifold atau komponen lain untuk mencapai motor starter. Lihat panduan perbaikan mobil untuk model khusus Anda, jika perlu.

  • Jika Anda perlu menaikkan mobil Anda, dorong dengan aman pada dudukan jack, tekan rem parkir dan halangi roda agar mobil tidak terguling.
  • Pastikan baut pemasangan starter yang ketat. Baut pemasangan yang longgar akan menjaga starter drive agar benar-benar menarik flywheel. Ketika ini terjadi, Anda akan mendengar suara penggilingan saat Anda mencoba menyalakan mesin, karena gigi ring pada roda gila dan roda gigi pinion pada benturan starter, tidak dapat menyambung dengan benar.
  • Jika baut pemasangan yang ketat, lepaskan motor starter dari kendaraan dan periksa gigi pinion – ini adalah roda gigi kecil di bagian depan starter yang melibatkan flywheel untuk engkol mesin. Periksa kondisi gigi roda gigi pinion. Gigi gigi yang rusak atau rusak akan mencegah Anda dari mengayunkan mesin juga.
  • Menggunakan obeng standar, cobalah untuk memutar roda gigi pinion di kedua arah. Gear hanya berputar dalam satu arah. Jika bergerak ke dua arah atau tidak bergerak sama sekali, ganti starter.

Pastikan untuk menonton video berikut untuk mendapatkan referensi visual dari masalah poin yang ingin Anda perhatikan.

5. Memeriksa Roda Gila Engine

Jika Anda melepas motor starter untuk diperiksa, ini adalah kesempatan bagus untuk memeriksa flywheel juga. Roda gila adalah roda besar dan berat di antara mesin dan transmisi. Ini adalah roda yang pinion roda gigi starter terlibat untuk engkol mesin.

  • Setelah Anda melepaskan motor starter, atur transmisi Anda ke Neutral.
  • Minta asisten memutar poros engkol dengan memutar baut tengah pada poros engkol menggunakan batang ratchet atau breaker dan soket. Anda akan menemukan katrol ini di bagian depan dan bawah blok mesin. Katrol ini memutar drive atau sabuk serpentine untuk menjalankan alternator, pompa kemudi dan komponen lainnya. Tergantung pada model kendaraan Anda, Anda mungkin perlu melepas roda untuk mendapatkan akses ke baut pusat pulley.
  • Perhatikan roda gila saat berputar dan pastikan gigi dalam kondisi baik. Gigi yang hilang atau rusak akan mencegah motor starter mengayunkan mesin. Ganti flywheel, jika perlu.

Pengujian  Motor Starter 

Jika Anda mencurigai motor starter, bawa ke toko suku cadang mobil untuk pengujian. Banyak outlet suku cadang mobil akan menguji starter Anda secara gratis. Motor starter yang sudah tua mungkin memiliki kuas yang usang, armatur, poros, atau lilitan medan yang dibakar yang dapat menyebabkan suara yang tidak biasa, pengambilan arus berlebih, pengereman yang lambat atau tidak ada engkol sama sekali.

Pemeriksaan cepat di toko komponen mobil akan mengungkapkan mekanisme penggerak dan kondisi umum motor, apakah starter menarik arus yang cukup untuk beroperasi, dan keadaan umum komponen internal.

Jika pemeriksaan sebelumnya tidak mengubah apa pun yang salah dengan sistem awal, Anda masih memiliki strategi pemecahan masalah sederhana lainnya untuk menguji motor starter lebih lanjut. Ketika Anda menghadapi masalah starter mobil, ingat bahwa kurangnya perawatan baterai yang tepat, koneksi listrik yang salah dan komponen akan mencegah sistem awal Anda bekerja dengan benar. Apa pun sumber masalahnya, tips pemecahan masalah ini akan membantu Anda ketika mobil Anda tidak mau menyala. Mereka akan memberi Anda cara yang relatif cepat untuk menyelesaikan masalah starter Anda.