Solusi Mengendarai Mobil Matic Supaya Irit Bahan Bakar

Jaman yang semakin maju ini makinbanyak para pecinta memilih untuk menggunakan mobil matic, selain karena supaya tidak cepat capek dalam menegendarai kendaraan di jalanan yang macet, rasa yang lebih nyaman dan praktis pun sebagai alasan untuk menggunakan mobil berjenis matic ini. Untuk saat ini memang mobil matic ini menjadi idola dan pamornya semakin meningkat drstis, bahkan angka penjualan mobil matic inipun meningkat drastis. Dengan banyak peminat dan pengguna mobil maticpun kini dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat baik bahkan teknloginya pun selalu di kembangkan oleh pabrikan kendaraan didunia. Dengan fitur yang canggi dan teknologi yang modern kini mobil matic makin memiliki pesonatersendiri walaupun cenderung banyak yang mengclaim bahwa mobil matic lebih boros bahan bakar di banding mobil manual.

Cara Mengendarai Mobil MaticMobl matic ini terkenal lebih boros bahan bakar karena penggunaan para driver itu sendiri atau bisa dikatakan cara mengendarainya yang salah. Ada beberapa tips mengendarai mobil matic supaya irit bahan bakar, supaya anda mengetahuinya marilah kita bahas bagaimana cara mengendarai mobil matic supaya tetap irit tanpa memodifikasi atau merubah setingan mesin yang alih alih ingin membuat irit akan tetapi malah merusak mesin tersebut. Berikut tips dan cara mengendarai mobil matic supaya irit bahan bakar.

  • Jaga Kecepatan Mobil Tetap Stabil

Selalu usahakan agar kecepatan stabil dan tidak di anjurkan kadang cepat dan kadang melambat, selain sering membuka gas dan menutup gas apalagi sering mengerem secara mendadak akan membuat bahan bakar yang terbbakar menjadi lebih banyak padahal jarak yang ditempuh belum jauh, hal ini akan mengkalkulasi bahwa dengan berkendara seperti ini dengan jarak yang amat jauh, maka konsumsi bahan bakar yang di telan mesin akan menjadi lebih banyak sehingga yang terjadi anda akan cepat mengisi bahan bakar sebelum waktunya.

  • Berusaha tetap menjaga Jarak Saat di Jalan Raya

Selain menjaga kecepatan mobil tetap stabil Anda baiknya menjaga jarak aman setiap kali mengemudikan mobil matic, hal ini akan mengurangi pengereman secara mendadak atau sering di sebut, “gas rem gas rem”. Dengan demikian anda akan mendapat kalkulasi pemakaian bahan bakar dengan jarak tempuh menjadi lebih panjang. Jika jarak Anda aman dengan mobil lainnya Tidak akan ada resiko menginjak pedal rem secara mendadak ataupun menginjak pedal gas terlalu dalam. Konsumsi bahan bakar pun menjadi terkontrol lewat pengaturan pedal antara rem dan gas, walaupun tips ini sangat sederhana tapi efek yang di dapat dalam jarak tempuh yang jauh pasti akan sangat terasa.

  • Atur Posisi Transmisi di Tengah Kemacetan dengan Tepat

Jika dalam berkendara anda mendapati kemacetan yang padat ada baiknya posisikan transmisi anda pada posisi Netral, karena selain akan membantu merawat transmisi matic supaya awet, pastinya tidak akan memakan bahan bakar secara berlebihan. Jika anda berada pada posisi macet dengan kategori padat merayap posisikan transimi anda pada posisi transmisi D atau 2S kaena dengan ini mobil akan melaju secara pelan tanpa injak pedal gas dan pastinya akan membantu mengurangi pemakaian bahan bakar yang berlebih seingga efisiensi bahan bakar yang digunakan akan sesuai dan pas.

  • Tekan Pedal Gas Secara Konstan dan Stabil

Gunakan pedal gas secara perlahan dalam artian jangan sering menginjak pedal gas mobil matic dengan secara tiba-tiba dan dalam hal ini akan membuat akselerasi menjadi lebih cepat walaupun terkadang secara tidak lama anda harus menginjak rem kembali karena ada kendaraan di depan yang mengerem. Berbeda dengan posisi apabila anda berkendara di tol yang ramai lancar dan dengan jarak tempuh jauh maka hal ini boleh anda lakukan. Sebaliknya jika di dapati anda menempuh perjalanan yang dekat dan jalanan kondisi ramai atur penekanan pedal gas secara perlahan, apabila di injak terlalu dalam dijamin aliran bahan bakar semakin deras dan pastinya efisiensi bahan bakar akan menjadi sangat boros.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda yang sering berkendara menggunakan mobil matic. Salam Otomotif.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.