Saat Yang Tepat Menyalakan AC Mobil

AC Mobil
AC Mobil

 

Saat Yang Tepat Menyalakan AC Mobil – Dalam Kota besar seperti jakarta ini AC mobil sangatlah penting untuk memberikan kenyamanan saat berkendara dan bepergian atau bertamasya. Tidak di harapkan dong saat kita bepergian dengan kendaraan mobil ini AC dalam keadaan tidak bekerja dengan maksimal atau yang ada hanya panas yang di rasakan. AC sangat berfungsi sekali pada kendaraan mobil, selain berguna menyejukkan saat bepergian di siang hari dengan berkendara mobil juga berguna saat sedang berkendara di situasi hujan, karena jika tidak menggunakan AC maka akan terjadi pengembunan pada kaca mobil yang akan sangat mengganggu sopir atau penumpang nya sendiri dan yang pasti akan beresiko tinggi. Gak nyaman dong saat kita ingin bertamasya alih alih ingin nyaman saat di dalam kendaraan dengan perjalanan yang amat jauh hanya panas yang dirasakan. Maka ada cara dan tips sebaiknya kapan kita waktu tepatnya menyalakan AC dan apa aja yang harus di hindari untuk membuat AC lebih awet dan dingin.

1. Hidupkanlah AC Mulai dari start awal

Kebanyakan orang-oang sering melakukan kesalahan walaupun ini mungkin jarang terjadi yang di maksud di sini yakni, jangan menyalakan AC saat mobil sudah berjalan atau maksudnya sudah dalam kondisi mesin ber RPM tinggi. Mengapa tindakan ini salah, Iya salah karena Pulley satike satuan pada rangkaian mesin, sehingga saat mesin ber RPM tinggi polley juga akan berputar seirama dengan RPM tinggi tersebut, dan akan berhubungan langsung dengan sistem AC (Kompresor). 

Sehingga, bila AC baru dihidupkan saat mobil telah melaju atau di saat putaran mesin tinggi sehingga putaran pulley juga tinggi, maka akan terjadi gesekan yang tinggi antara pressure plate dengan pulley. Jika hal itu terjadi berulang kali, dan dalam waktu lama maka kedua komponen itu (pressure plate dan pulley) akan cepat aus. Jika Ke ausan ini makin terjadi maka tenaga kompresor yang di gerakan oleh pulley ini akan tidak maksimal, sehingga dorongan Freon yang di ubah menjadi udara dingin tidak akan maksimal juga, akibatnya dingin yang di hasilkan AC untuk memenuhi kebutuhan kendaraan tidak akan terjadi dengan maksimal. Selain tidak menghasilkan udara dingin yang maksimal yang akan terjadi jika tingkat keausanya udah mulai parah akan mengakibatkan kompresor berbunyi nyaring atau sering di sebut julukan di bahasa perbenkelan adalah ” Kompresor Ngorok”.

2.  Buang udara didalam mobil sebelum AC dinyalakan

Ini dimaksudkan kepada semua pengendara yang memarkir mobilnya di tempat terbuka dan pada saat siang hari atau cuaca terik. Mengapa harus membuang udara dulu sebelum menyalakan AC??

Bila kabin terasa sangat panas, maka kerja AC untuk mendinginkan ruang kabin juga lama. Artinya, tenaga yang dibutuhkan juga esktra. Tentu, ini akan membuat konsumsi bahan bakar boros yang hal ini amat sangat tidak efisien. Pada sisi lain, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, walaupun ini terkesan sepele akan tetapi dengan adanya reaksi kimia yang terjadi akibat campuran udara panas yang sinar radiasi matahari yang mengenai berbagai macam material yang ada di mobil ini pasti akan mempunyai efek negatif yang amat besar walaupun jangka panjang. Kemungkinan yang terjadi dalam jangka pendeknya adalah bisa membuat tubuh terasa lemas, cepat mengantuk dan kemungkinan terburuk pusing. Kebayang kan akhibatnya bisa mengundang kecelakaan karena konsentrasi pengemudi sangat terganggu.

Maka alangkah baiknya sesaat setelah mobil terparkir di ruang terbuka yang terkena terik matahari sesaat sebelum menyalakan mesin membuka pintu mobil beberapa saat atau setelah mobil dinyalakan dan ac di aktifkan bukalah kaca jendela beberapa waktu. sekian tips and trick kali ini semoga bermanfaat.

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *