3 Kebisingan Rem Paling Umum: Penyebab dan Cara Memperbaikinya | Marah Merah

3 Kebisingan Rem Paling Umum: Penyebab dan Cara Memperbaikinya

3 Kebisingan Rem Paling Umum: Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Rem Bising: Mengganggu atau Berbahaya?

Rem mobil berdecit” adalah salah satu keluhan paling umum tentang rem. Suara rem dapat mengganggu, tetapi juga dapat mengingatkan kita akan bahaya yang akan datang. Lebih baik bermain dengan aman dan segera dibawa untuk dilakukanpengecekan kepada mekanik yang tepercaya.

Kampas Rem Belakang
Kampas Rem Belakang

Saya akan membahas tiga suara rem paling umum yang saya temui setiap hari dan mencoba menjelaskan beberapa perbaikan.

Mari kita periksa tiga masalah paling umum yang menyebabkan rem bising.

Rem Berbunyi Bising dan Penyebabnya Kebisingan Kemungkinan penyebabnya
Grinding noises (bising yang keras) Berhenti mengemudi! Biasanya disebabkan oleh kurangnya kampas rem.
Thumbing Noise (Berdebar dari belakang)Sulit didiagnosis, tetapi biasanya drum belakang.
Squeaking (Ciut-an)Baik bantalan rem murah atau indikator kerusakan pakai memukul rotor.

1. Grinding noises (bising yang keras)

Mendengar suara bising keras saat Anda mengerem benar-benar seperti menabrak guntur di tepi jalan raya; jika Anda mendengar ini, Anda perlu berhenti mengemudi. Suara bising keras pada pengereman biasanya disebabkan oleh kurangnya bahan kampas rem; bantalan dan rotor sehingga gesekan terjadi antara logam ke logam, tanpa bahan pengereman yang tersisa.
Bantalan rem harus di ganti segera sebelum menghabiskan banyak uang Karena harus mengganti sekaligur drum atau PCD atau cakramnya jika tidak segera di lakukan

2. Thumbing Noise Dari Belakang Saat Pengereman

Masalah rem ini adalah salah satu yang akan mengganggu pengemudi, bahkan dapat mengakhibatkan kecelakaan yang fatal. Butuh waktu berbulan-bulan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan suara berdebar-debar ini di bagian belakang kendaraan saat pengereman. Setelah mengoprek bagian belakang kendaraan, melumasi setiap bushing, dan memeriksa kelonggaran setiap bagian. Sampai pada kesimpulan bahwa itu adalah drum belakang yang menyebabkan kebisingan.
Banyak mobil memiliki rem drum di belakang, di mana sepatu rem menghentikan mobil dengan menekan bagian dalam drum Ada beberapa cara untuk memperbaiki kebisingan ini. Salah satunya adalah mengganti drum belakang. Cara kedua adalah membawa drum ke tukang bubut, memasangnya di mesin bubut, dan mengamplas kotoran dari permukaan yang bergesekan dengan sepatu dengan amplas kasar.

Baca Juga : Starter Mobil Problem? inilah Lima Tips Inspeksi Awal

3. “Rem Saya Mencicit”

Suara berdecit bisa sangat mengganggu, dan lebih jauh lagi mungkin berarti sesuatu. Ini mungkin tanda bahaya dari beberapa jenis, atau mungkin hanya menjadi tanda bantalan rem murah.
Cengkeraman rem paling umum disebabkan oleh bantalan yang lebih rendah. Pekerjaan rem yang murah kedengarannya bagus ketika Anda membayarnya, tetapi mungkin datang dengan jeritan rem yang sangat menggangu. Bantalan rem murah memiliki serpihan logam besar di bahan rem, dan ketika Anda menekan rem dengan ringan dan serpihan seret di sepanjang rotor, ia akan berdecit. Suara berdecit mungkin hilang ketika serpihan khusus itu luntur, tetapi biasanya ada serpihan logam lain di belakangnya. Cara terbaik untuk menghindari kebisingan jenis ini adalah memilih bantalan rem yang berkualitas.
Jika rem Anda berdecit atau memekik saat mengemudi di jalan, tetapi kebisingan hilang ketika Anda menekan rem, saya punya firasat bahwa indikator keausan rem Anda mengenai rotor dan menyebabkan kebisingan. Indikator keausan adalah tab logam kecil yang dipasang ke bantalan rem. Ketika bantalan rem sudah aus dan perlu diganti, tab logam ini mulai menyeret sepanjang rotor, memperingatkan pengemudi akan terjadi masalah yang potensial. Jangan mengabaikan suara terlalu lama; bantalan rem tipis dan perlu servis segera, untuk keselamatan dan untuk melindungi bagian lain dari sistem pengereman.
Khususnya di mobil yang diparkir di luar ruangan, karat dapat menumpuk semalaman di atas rotor di sekitar kesan pad, menyebabkan dentuman atau memekik ketika Anda mengemudikan mobil di pagi hari.