Penggantian Busi Berdasarkan Jarak atau Waktu?

posted in: Automotive Tricks, Berita | 0

jadwal Penggantian Busi

Busi merupakan komponen utama pada sistem pengapian pada mobil dan motor, oleh karena itu busi memiliki masa penggantian untuk mendapatkan pengapian yang sempurna maka pengecekan busi sangat penting dan memang perlu dilakukan pengecekan berkala, untuk mobil jika salah satu busi ada yang mati maka pengapian yang di hasilkan tidak sempurna selain mengakibatkan mesin pincang (khusus Untuk mobil) sehingan stasioner gak langsam dan tenaga jadi ngedrop, juga akan mengakibatkan kerak di ruang bakar yang cukup tebal.

Busi
                               Busi

 

Busi merupakan komponen yang memiliki umur pakai, yang berarti dalam waktu yang ditentukan oleh pabrikan wajib di ganti baru supaya pengapian optimal sehingga campuran bahan bakar akan terbakar dengan sempurna. Lalu kapan di lakukan penggantian busi berdasarkan jarak atau waktu? dalam hal ini cukup membingungkan bagi kaum awam atau beberapa orang yang baru menggunakan atau membeli mobil dan motor.

Dalam hal kapan waktu penggantian busi sebenarnya tidak ada patokan jarak atau waktu yang sangat detail. akan tetapi melihat kondisi pemakaian saja, apakah pemakaian harian yan full atau cuma sesekali dalam seminggu, sesekali dalam sebulan,atau bahkan waktu usia busi itu sendiri.

Biasanya beberapa produsen mobil membatasi waktu penggantian jadwal melalui jarak pemakaian. akan tetapi menurut saya adalah kedua ini benar tapi tidak ada batasan waktu karena memang kodisional tergantung banyak hal. Maksud dari kondisional di sini dimana jika kendaraan di pakai harian di daaerah jakarta yang sering terjadi macet,sehingga kendaraan sering menyala dalam kondisi diam yang nyala perlu dilakukan pengecekan lebih sering berbeda dengan mobil yang di gunakan di daerah perkampungan atau jarang terkena macet.

BUSI KAKI DUA
                    busi bosch kaki dua

 

Dalam hal ini Jenis busi yang di gunakan juga sangat mempengarui untuk kapan penggantian busi. sebagai contoh busi iridium jelas kemampuanya lebih unggul dibandingkan dengan busi standart akan tetapi tergantung kondisi mobil juga apakah sudah di modifikasi atau masih standart. jadi intinya dalam hal ini untuk komponen atau sparepart dalam penggantian faktor penentunya banyak contoh soal Busi ini. Rekomendasi saya lebih baik mengikuti aturan bengkel resmi untuk anjuran pengecekan, dan service berkala karena bengkel resmi lebih bisa merekomendasikan kapan saatnya penggantian sparepart.

Demikian tulisan saya kali ini tentang penggantian busi berdasarkan jarak atau waktu? semoga bermanfaat untuk sahabat otomotif.

Related post perbandingan busi iridium dan standart

 

 

Leave a Reply