MOBIL SEDAN FAVORIT ERA 90-AN, GREAT COROLLA

Great Corolla Front View
Great Corolla Front View

 

MOBIL SEDAN FAVORIT ERA 90-AN, GREAT COROLLA – Dalam pemilihan untuk pembelian mobil bekas mungkin terdapat beberapa alasan yang mungkin terkendala yang peling pertama masalah dana yang minim. Oleh karena itu hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pemilihan dan pembelian mobil bekas harus benar benar detail, alih alih ingin mendapatkan mobil yang siap pakai malah di rong rong oleh moil yang barusaja di beli untuk memperbaiki mesin atau body mobil bekas yang rusak sehabis kita beli. Dalam hal ini saya akan sedikit info untuk mobil kelas exclusif di jamanya yang sampai saat ini masih banyak yang minat dengan mobil ini yaitu Toyota Great Corolla yang sampai saat ini masih banyak yang memelihara dan menjadikan kendaraan sedan ini sebagai mobil favorit yang nyaman. Disamping mesin yang bandel dan bagus, interior mobil ini yang tidak ketinggalan jaman sampai saat ini.

Great Corolla Side View
Great Corolla Side View

 

Toyota Great Corolla ini hadir mulai tahun 1992 sekaligus penerus dari tipe sebelumnya yaitu Toyota TwinCam yang telah familiar dan sukses di era tahun 80an sampai 90an. Toyota Great Corolla ini keluar dengan 2 varian mesin yaitu mesin 1300cc 2E yang diusung Great Corolla varian 1.3 SE dan mesin 1600cc 4A-FE untuk Grat Corolla varian 1.6 SE-G. Tak hanya ini Toyota Great Corolla ini juga mengeluarkan dengan versi transmisi matic yang terkesan sampai saat ini teknologi yang di gunakan tidak terlalu ketinggalan.

Great Corolla Cabin View
Great Corolla Cabin View

Toyota Great Corolla ini mengalami perubahan bentuk yaitu Facelift Minor. Dirilis pada kisaran tahun 1992, sedan Toyota Great Corolla mengalami facelift pada kisaran tahun 1994-1995. Perubahan terdapat pada grill depan, penggunaan mika sein yang berwarna putih dan list lampu belakang yang tidak lagi menyambung.

Mesin yang digunakan pada Great Corolla Varian 1.3 SE sebenarnya adalah mesin yang digunakan pada Toyota Starlet kapsul dan Toyota Corolla Twincam 1.3. Mesin 1300cc yang menggunakan teknologi SOHC 12 valve yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 70 hp. Sedangkan Greco varian 1.6 SE-G adalah varian yang paling diminati oleh konsumen. Mesin yang berkapasitas 1600cc DOHC 16 valve ini sudah menggunakan teknologi injeksi yang mampu menghasilkan tenaga 115 hp.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOYOTA GREAT COROLLA

Great Corolla Engine View
Great Corolla Engine View
Kelebihan Toyota Great Corolla
  • Harga jual yang relatif cukup konstan walaupoun mobil ini masih terbilang tua yaitu keluar di era 90an di bandiung mobil keluaran setaranya yang lain.
  • Termasuk mobil yang banyak di minati sebagian otolovers yang tidak terlalu ketinggalan jaman dan sampai saat ini masih menjadi favorit mobil kebanyakan otolovers.
  • Handling yang tergolong nyaman yang mampu di rasakan dalam segala medan karena ground clearence mobil ini juga tergolong tinggi.
  • Ketersediaan banyak sparepart hingga saat ini dan perawatan dan biaya sparepartpun tergolong ekonomis.
  • Mesin yang tergolong legendaris yang mampu menghasilkan tenaga 115 hp yang melampaui mesin yaris yang keluaran era jaman sekarang.
  • Tenaga di putaran bawah termasuk mantap dan responsif yang cocok di gunakan di perkotaan yang padat.
  • Bengkel resmi Toyota yang melimpah dimana mana yang akan membantu membereskan jika terdapat masalah.
  • Konsumsi bahan bakar yang lumayan irit yang mampu memperoleh 9-11 km/liter dalam perkotaan yang padat dan 10-14 km/liter dalam penggunaan luar kota yang lancar.
Kelemahan Toyota Great Corolla
  • Biasanya jika jarang di service sistem supply bahan bakar kotor sehingga saat putaran tinggi sering kehabisan nafas yang di akhibatkan dari pasokanbahan bakar yang terhambat kototran.
  • Rem belakang belum menggunakan disc brake yang masih menggunakan Tromol.
  • Biasanya mobil Toyota Great Corolla pada saat ini karena sudah berumur banyak terjadi kerusakan pada bagiaan kaki-kaki dan banyak rembesan oli terutama sering terjadi pada sistem power sterring dan mesin, maka cek lah dengan waspada pada saat ingin memiliki dan membelinya.
  • Interior memang sedikit lebih sempit karena memang ukuran mobil sedan Toyota Corolla ini lebih kecil di banding ukuran mobil sedan pada jaman sekarang.
  • Sistem pendingin , kelistrikan dan audio yang sudah banyak yang problem akibat kotoran atau mampat (radiator) perkabelan yang berantakan akibat pemasangan alarm dan audio (kelistrikan dan ECU) maka ceklah dengan detail sebelum membeli atau lebih baik dilakukan pengecekan di dieler resmi untuk mendeteksi kerusakan sensor2 dan ECU agar mengetahui kerusakan tersebut secara detail.

Demikian Ulasan tentang Mobil retro yang sampai saai ini jadi favorit para otolovers yaitu Toyota Great Corolla, Semoga Bermanfaat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *