Lampu indikator Engine Check Menyala? Jangan Cemas

posted in: Automotive Tricks, Berita | 0

Engine Check

Jika lampu indicator engine check menyala? jangan cemas, apa yang harus di lakukan? jangan  panik dahulu sahabat marah merah ada beberapa hal yang sangat perlu di perhatikan dan kemungkinan bias di perbaiki atau di cari sendiri sebelum kita berangkat ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Yang perlu di perhatikan adalah yang paling pertama harap anda yang mengalami hal seperti ini tetap tenang dan jangan terlalu panic atau gusar.

Engine Check
Engine Check

Ketika hal ini terjadi lampu indicator engine menyala mendadak atau biasa di sebut oleh pakar otomotif MIL (Malfungtion Indicator Lamp) sebenarnya beberapa mobil sudah ada yang di lengkapi dengan system Safe Mode atau pengalihan Mapping ECU. Kemudian yang paling penting dalam keadaan lampu indikator engine check menyala ini rasakan keadaan mesin apabila kita tidak sempat atau takut mengeceknya sendiri di jalan pastikan mobil walaupun tetap di paksa untuk jalan mencari sebuah bengkelmoil ini tidak terjadi hal hal yang aneh yaitu brebet, atau mesin pincang dan selalu waspada jika tiba tiba temperature mesin naik, jika terjadi brebet atau mesin pincang bahkan temperature mesin naik segeralah telephone derek mobilsupaya lebih aman dan jangan di paksakan.

Baca Juga : Penyebab Pompa Bensin Rusak

Jika kendaraan masih bias di paksa jalan dan tidak terjadi hal hal yang aneh berarti lampu indicator engine check menyala ini tidak mengakibatkan kejadian yang fatal, jika berpengalaman tetap tenang dan berhenti kemudian cek beberapa hal berikut.

  1. Lampu indicator engine check menyala ini tidak selalu menginformasikan hal yang fatal, cek soket soket yang kendor, jika terlihat kemasukan air segeraah di bersihkan dan di keringkan,
  2. Cek beberapa jalur kabel yang mengarah ke mesin maupun ke ECU apakah ada yang putus, jika ada yang putus sambunglah dengan benar pastikan menggunakan pengaman yang baik setelah tersambung.
  3. Cek tutup saringan udara apakah terpasang dengan benar karena hal ini beberapa mobil ada yang terkait dengan masalah ini.
  4. Biasanya masalah ini terjadi pada soket Engine temperature sensor, karena saya baru saj mengalami dan kemudian ganti soket langsung beres.
    Engine City Z
    Engine City Z
    Engine Temperature Sensor
    Engine Temperature Sensor

    Posisi Engine Temperature Sensor
    Posisi Engine Temperature Sensor
  5. Ada beberapa mobil yang hanya perlu dilakukan reset ECU dengan cara melepas koneksi kelistrikan dari AKI selama 30 detik kemudian pasang kembali sumber kelistrikan ke aki. tapi ada beberapa mobil yang harus di cek dengan menggunakan software tertentu dengan perangkat computer contohnya mobil mobil eropa.
  6. Jika masih bias di paksakan jalan dengan baik bawalah mobil atau kendaraan anda ke bengkel kepercayaan anda supaya bias di tangani dengan benar dan cepat.

Demikian pembahasan kali ini tentang jika lampu indicator engine chek menyala tiba tiba di jalan, semoha pembahasan kali ini dapat membantu dan bermanfaat. selamat mencoba.

Leave a Reply