Efek Buruk Telat Ganti Oli Mobil

Efek Buruk Telat Ganti Oli Mobil – Oli mempunyai peran yang sangat penting pada seluruh kendaraan bermotor, maka dari itu pentingnya memilih kualitas oli yang akan digunakan dan mengganti oli dengan berkala secara rutin juga sangat di sarankan, karena jika tidak dilakukan penggantian oli secara rutin maka dampak yang diakhibatkan akan sangat besar dan pastinya akan membuat kita mengeluarkan dana yang sangat banyak untuk memperbaikinya.

Saat Tepat Penggantian Oli Mobil

Penngantian oli secara berkala dan rutin akan membantu menjaga keawetan mesin, karenna dengan menggunakan oli dayang berkualitas dan penggantian secara berkala dengan rutin akan mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin anda. Agar anda mempunyai kesadaran yantinggi untuk melakukan penggantian oli yang berkualutas secara berkala dan rutin, anda harus mengenali dampak buruk yang di akhibatkan lalainya penggantian oli anda tersebut, diantaranya :

 

  • Performa Mesin Akan Menurun

Jika anda tidak merawat mobil dengan mengganti oli secara berkala dan rutin yang terjadi adalah kualitas oli yang terdapat dalam mesin lama kelamaan akan turun kualitasnya dan pastinya akan sangat kotor, apalagi jika anda menggunakan oli yang full sintetis, karena oli sitetis memiliki usia baik yang terbatas dalam penggunaan. Dengan kondisi oli yang tidak di ganti maka semakin hari akan semakin memburuk yang mengakhibatkan performa mesin mengalami penurunan sehingga tidak akan naman lagi untuk di pacu dengan kecepatan yang tinggi, ketika di pacu dengan kecepatan tinggi akan terasa tidak akan berjalan dengan mulus penuh getaran dan efek terburuknya akan merusak piston, ring piston bahkan inner silinder itu sendiri. Kebayangkan berapa biaya yang harus anda siapkan untuk memperbaikinya.

  • Suara Mesin Semakin Kasar

Oli mobil berfungsi untuk melumasi bagian seluruh mesin mobil yang memastikannya untuk mengurangi gesekan yang terlalu besar pada mesin, sehingga pergerakan mesin terjadi secara halus dan maksimal, akan tetapi jika anda tidak melakukan penggantian oli secara berkala dan rutin akan membuat gesekan yang terjadi pada komponen mesin menjadi lebih besar, sehingga pastinya akan mengakibatkan bunyi yang lebih terdengar kasar, hal ini di kahibatkan juga karena terjadi gesekanin yang terlalu tggi membuat komponen aus yang membuat pergerakan mesin tidak presisi kembali atau makin oblak. Maka Gantilah oli secara rutin untuk mendapatkan mobi dengan kinerja yang bagus dansua ra mobil halus.

  • Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Oli dalam mesin memastikan dan bekerja untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi pada mesin, dengan oli yang bagus akan meminimalisir gesekan yang terjadi pada mesin, sehingga tarikan yang terjadi pada mesin akan lebih enteng. Lain halnya jika anda tidak mengganti oli secara rutin akan membuat gesekan yang tejadi pada mesin lebih besar, selain akan mengakhibatkan tarikan yang berat pastinya akan berpengaruh pada efisirnsi pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih boros, karena bahan bakar yang di gunakan akan lebih banyak saat di dapati mobil mempunyai tarikan yang berat.

  • Mesin Mobil Mudah Panas

Selain berfungsi untuk melumasi onderdil mesin, oli ini juga punyaperan sebagai pendingin mesin mobil tersebut. Jika oli ini cukup lama tidak diganti maka kualitasnya akan mengalami penurunan dan akan membuat gesekan mesin yang terjadi semakin parah ini akan mengakhibatkan mobil mudah panas. Resikonya mobil mengalami peningkatan suhu yang signifikan atau biasa di sebut overheating hal ini akan merusak semua komponen di dalam mesin. Anda tentu akan lebih sering mendapati mobil mogok atau AC tidak berfungsi maksimal ketika overheating terjadi, maka sebaiknya jadwal penggantian oli secara berkala dan rutin perlu dan sangat harus di perhatikan.

Demikian ulasan tentang Pentingnya penggantian oli secara rutin agar dapat membantu memelihara mesin mobil anda, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.