Automotive Tricks, Kawasaki

Atasi Kopling Selip KLX Dtracker 150

Salam Crosser!!!!

Sering kali jika kita memakai Kawasaki KLX  Dtracker 150 mendapatkan hal kopling selip yang gak nyaman, apalagi jika motor dipakai untuk harian dan macet macetan atau lebih parahnya lagi jebol. Saat kita melakukan kegiatan cross country di daerah pegunungan, ataupun kita menggunakan track dirt bike dan standing ceria, mendapatkan selip kopling adalah hal yang membuat jengkel dan sangat mengesalkan. Kopling merupakan salah satu komponen yang mendapat peran banyak dalam hal off-road, dirt-bike, maupun untuk berakselerasi dengan cepat. Kopling OEM Kawasaki KLX Dtracker 150 memang tidak segarang bentuk motornya yaitu yang terjadi sering kali selip, untuk mengatasi kopling KLX  Dtracker 150 yang sering selip ini. mara merah akan memberikan tips untuk membuat peforma KLX  Dtracker 150 kesayangan anda menjadi lebih baik dan mendapatkan kopling yang layak dan tidak selip. Simak di bawah ini ya!

1. Menambahkan oli mesin sebanyak 300ml

Penambahan Oli 300cc di KLX 150
Penambahan Oli 300cc di KLX 150

Pada awal keluarnya motor trail KLX 150 ini beredar di pasaran, kawasaki memberikan patokan bahwa ukuran atau kapasitas oli yang harus dimasukkan kedalam ruangan oli mesin adalah 1000cc, tapi tanpa di sadari oleh pihak kawasaki ternyata banyak komplain yang menyatakan bahwa kopling di motor ini sangat letoy alias sering selip. Maka dari itu keluar fatwa dari pabrikan bahwa setelah melakukan riset, pabrikan merekomendasikan bahwa isi volume oli yang harus masuk keruang carter mesin adalah 1200-1300cc dari sebelumnya kosong. Penambahan kapasitas oli ini dirasa menurut pabrikan supaya koplin bisa tersiram oli yang sebelumnya plat kopling pada motor ini dirasa masih cukup kering. Untuk motor yang keluaran diatas 2011 telah di lakukan perubahan yang dari pabrikan langsung menjadi 1200cc.

2. Mengganti Plat Kopling

Plat Kopling KX 85
Plat Kopling KX 85

Nah ini gan, menurut pengalaman ane setelah mencari banyak literatur dari mbah mbah di bengkel Trail dan dari tementemen di komunitas, walaupun banyak yang memberi saran yang berbeda-beda, ada yang bilang memakai plat kopling GL Pro (bukan yang neo tech) ada yang bilang memakai orianya aja biar lebih ok gampang penyelesaiannya dan ada pula yang menyarankan dengan plat koling yang lainya lagi. Dan akhirnya saya sendiri sang Penulis di Marah Merah ini memilih dan memutuskan memakai Plat kopling dari motor Kawasaki KX 85 yang sedikit lebih tebal dan keras, tipsnya ganti semua plat dan membutuhkan 5 plat kopling Kawasaki KX 85 ini hasilnya sangat ampuh gan… bisa loncat loncat motor ente, Harga juga relatif murah kok per kepingnya @35000 rupiah.

3. Mengganti Per Kopling KLX

Per Kopling Ninja 250 untuk KLX 150
Per Kopling Ninja 250 untuk KLX 150

Per kopling OEM KLX 150 masih terlalu lembek menurut saya, dan berasa kecepatan untuk memberikan tekanan kepada plat kopling kurang ataupun saat sebalikny,yang membuat letoy, gak nendang atau kurang galak. Banyak para kawula crosser mengganti per kopling ini menggunakan per kopling Honda Tiger, Kawasaki Ninja 150 (2 Tak), Yamaha Jupiter MX 150. dan ada juga yang memakai sparepart asesories seperti CLD, Daytona, dsb. ini sama dan gampang pemasanganya hampir ukuranya menyerupai dan Plug N Play. Semuanya part itu masing masing memiliki kelenturan dan kekuatan yang berbeda beda akan tetapi saya mempercayai dengan menggunakan PER OEM punya KAwasaki Ninja 250 untuk di sandingkan Peer ini kerumah kopling Klx Dtracker 150. Tapi benar gan..super nendang rasanya gan. Boleh di coba di aplikasikan ke motor cross kesayangan anda.

4. Membuat Lubang Pada Rumah Kopling (Bor Kopling)

Untuk membuat lubang pada rumah kopling ini perlu di lakukan menurut saya, karena sesaat setelah saya akan mengganti dan memodifikasi kopling motor Kawasaki Dtracker 150 milik saya dan saat membongkar saya menemukan setelah saya lepas satu demi satu plat kopling yang akan saya ganti saya mendapatinya masing masing plat ini sangat kering dan agak bau gosong gitu gan….sehingga setelah saya mencari literatur dan koordinasi dengan bengkel memutuskan untuk membuat lobang pada masing masing sisi kupingan rumah kopling tersebut. lihat gambar gan di bawah..

Rumah Kopling KLX 150 Dilubangi
Rumah Kopling KLX 150 Dilubangi

Setelah semuanya kepasang kembali dan saya coba test drive bener-bener manjur gan motor bisa di ajak berakselerasi dengan cepat tanpa mendapatkan selip dan pastinya sangat Galak gan..padahal standart abis punya saya..mungkin jika udah melakukan modifikasi penggantian karbu, knalpot racing, udah bisa lompat lompat gan…apalagi kalo mesin udah di bor up..hehe





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*