Tips Mencuci Mesin Mobil dengan Mudah

posted in: Automotive Tricks, Berita | 0

Tips mencuci mesin mobil

Pada kesempatan kali ini Marah Merah akan membahas bagaimana cara atau tips untuk membersihkan mesin mobil dengan mudah, karena untuk hal yang satu ini memanglah hal yang perlu di perhatikan bagi para pengendara dan pemilik mobil. Sebelum melakukan kegiatan ini dirasa sangat sulit untuk di lakukan karena terdapat komponen komponen kecil, part-part yang rentan akan terjadinya konsleting atau short. Pada kesempatan ini hal yang perlu diperhatikan adalah sedikit memahami bagian bagian penting yang di rasa sangat rentan terhadap air. Juga butuh kecermatan dan ketelatenan bahkan ketelitian, penanganan yang kurang tepat akan mengakibatkan beberapa hal yang fatal dan jika terjadi kesalahan dalam penanganan ii akan menguras kantong untuk memperbaikinya.

Mencuci Mesin Mobil
Mencuci Mesin Mobil

Pada kali ini Marah Merah akan mencoba memberi beberapa tips tentang cara mencuci mesin mobil dengan mudah dan tanpa mengakibatkan kantong kita terkuras karena beberapa hal sepele yang tidak kita ketahui yang kadang di anggap remeh. Setelah saya berbincang dengan pakar otomotif sdr Aris Gunanto “mechanic handal dari yogyakarta” sedikit memberikan penjelasan di mana leteak titik titik mana yang aman untuk di cuci.

“Harap tunggu mesin dingin untuk memulai mencucinya karena bisa mengakibatkan mesin menerut atau menciut” sahut Aris Gunanto Mechanic handal dari Yogyakarta. Setelah dirasa sudah cukup dingin pada mesin anda kemudian berikut ini hal hal yang perlu di lakukan:

  1. Cek tutup oli dan dipstick (tongkat yang biasa digunakan untuk mengecek kondisi oli) sudah terpasang dengan benar atau belum agar air tidak masuk dari sela sela yang di akibatkan penutupan ali dan dipstick yang tidak benar.
  2. Perhatikan dengan seksama part part seperti : Alternator, Distributor,Kabel Busi, Dinamo Starter Tempat Fuse atau Fuse Box,Soke soket electrical, Engine Control Unit (ECU) pastikan tertutup dengan rapat atau kalo perlu di bungkus dulu dengan plastik agar tidak masuk kedalam area yang tidak boleh kena air tersebut saat di semprot.
  3. Usahakan siram dengan air hati hati dan diharapkan tidak memakai air yang pertekanan tinggi, setelah di perkirakan yang akan di cuci basah gosok atau bersihkan dengan sabun khusus untuk membersihkan kotoran, jika banyak kotoran yang susah untuk di cuci semisal bekas oli yang lama kering dan menempel harap bersihkan menggunakan solar terlebih dahulu baru memakai sabun khusus untuk mencuci mesin tersebut.
  4. Bilas dengan air sampai kelihatan keseluruhan bersih, jika terdapat di bagian yang agak sulit belum hilang kotoran yang menempel bisa menggunakan kayu atau tongkat apapun bahannya yang di alut di ikat dengan kain dan gunakan dengan cara menggosok kebagian yang susah untuk di jangkau tersebut. setelah di rasa bersih bilas ulang dengan air. jangan sekalikali menggunakan cairan kimia apapun karena akan cepat menghasilkan karat.
  5. Keringkan dengan kain berserat atau sering di sebut KANEBO, kemudian semprot dengan udara bertekanan tinggi pada bagian soket soket kelistrikan agar benar benar kering sehingga tidak menimbulkan konslet.
  6. Diamkan beberapa saat jangan terlalu terburu-buru untuk menghidupkan mesin untuk memastikan sambungan soket danbagian part kelistrikan benar benar kering.

Demikian Tutorial Tips mencuci mobil dengan mudah semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam merawat kendaraan mobil anda

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

Leave a Reply