Tips Berkendara Supaya Irit Bahan Bakar | Marah Merah

Tips Berkendara Supaya Irit Bahan Bakar

Cara Mengendarai Mobil Saat Macet
Cara Mengendarai Mobil Saat Macet

Tips Berkendara Supaya Irit Bahan Bakar

Di dalam Perkotaan besar seperti di jakarta ini perlu di ketahui bahwa macet adalah menjadi momok yang sangat mengganggu pada pengendara motor maupun mobil. Selain membuat strees kemacetan ini membuat bahan bakar yang di pakai pada kendaraan kita pun menjadi boros dan tidak efisien. Untuk berkendara di saat kemacetan sepeti ini kita di wajibkan untuk bersabar supaya suasana tetap menjadi enjoy dan nyaman. Dengan seperti ini halhal yang perlu di lakukan untuk tips berkendara supaya irit nahan bakar adalah.

Tahan Di RPM Rendah (normal)

Tidak di sarankan bermain main idle gas buka gas sewajarnya, hal yang dimaksud adalah saat berkendara di dalam area kemacetan, atur dan selalu tahan RPM pada posisi rpm rendah akan tetapi pas supaya mesin tidak ndutndutan, Usahakan juga saat perpindahan gigi di sarankan RPM tidak melebihi di angka 3000 hal ini jika kemacetan terjadi amat sangat panjang maka bahan bakar yang di gunakan tidak banyak yang terbuang dengan sia sia dan akan mendapatkan efidiensi bahan bakar yang optimal.

Kurangi Intensitas Setengah Kopling

Saat kondisi jalanan padat merayap atau macet, kita memang dipaksakan harus bereaksi dengan dengan cara mengemudi stop and go. Namun banyak kalangan orang yang menggunakan teknik setengah kopling untuk mempercepat respon mobil di depan. Agar tidak membuat cepat lelah pada kaki saat memainkan kopling, atau kopling menjadi cepat panas dan aus, sebaiknya hindari cara ini. selalu jaga jarak hingga kendaraan di depan kita sudah agak jauh baru mulai berjalan perlahan. Apalagi saat menghadapi macet di tanjakan, dianjurkan penggunaan rem tangan lebih diutamakan daripada menahan setengah kopling. Karena hal menahan setengah kopling ini sangat memicu menahan RPM padsa angka tinggi sehingga bahan bakar banyak yang terbuang secara sia sia.

Posisikan Transmisi Netral Saat Berhenti

Kemacetan yang parah dan sangat padat sangat membuat kita harus berhenti di tengah-tengah dalam waktu yang lama. Jika menghadapi kondisi seperti ini, posisikan transmisi mobil pada kondisi netral. Hal ini untuk menjaga kemungkinan pedal kopling yang terlepas karena pengemudi lupa kalau transmisi dalam posisi aktif, atau bisa juga karena kelelahan sehingga membuat mesin mati. Jika menggunakan mobil matic, berhenti pada posisi transmisi di D terlalu lama akan meningkatkan konsumsi BBM. Dengan kesimpulannya adalah posisi netral lebih optimal untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar saat melewati medan kemacetan di jalan.

Penggunaan AC Mobil yang Tepat

Dalam hal ini sering pengendara selalu menggunakan AC untuk mendapatkan hawa yang dingin dan nyaman saat berkendara. tapi perlu diingat bahwa penggunaan AC pada kendaraan akan meningkatkan volume pemakaian bahan bakar yang sangat signifikan. Hal ini yang perlu di lakukan adalah apabila pada keaadaan macet yang amat sangat lama lihat situasi dan kondisi jika memungkinkan untuk membuka cendela dan bisa mematikan AC maka usahakan matikan AC. Atau jika macetnya memang stuck dan tidak dapat berjalan dalam waktu yang lama segera matikan mesin dan perkirkan mobil menunggu kemacetan mengurai.