Setting GL 100 Karbu PE 28 Dan Mesin GL Series, Mega Pro dan Tiger

posted in: Automotive Tricks | 2

Setting GL 100 Karbu PE 28 Dan Mesin GL Series, Mega Pro dan Tiger

Gaes, Salam Blar Blar Blar Blar…… !!!!Jika kalian maniak honda cb dan gl series? Ini motor sangat melegenda gaes hehehe.. di sini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara setting GL 100 karbu PE 28 dan GL series atau merakit Karbu mantan motor legendaris Honda NSR 150 series dengan nama dan sebutan yang sering terdengar di kalangan para modifikator yaitu karbu PE 28 ke head silinder mesin gl series.

Karbu PE 28 bawaan Honda NSR 150 ini memang banyak dicari karena diklaim mampu meningkatkan performa motor, Karbu ini untuk yang Originalnya relative sangat mahal sampai saat ini, sehingga banyak juga versi kwnya atau tiruanya. Walaupun KW kita bisa siasati dengan cara mengganti kit karbunya dengan menggunakan racing TDR yang relative terjangkau dan kualitas hasilnya tidak jauh dengan originalnya. keuntungannya pake KW atau tiruanya ini yang pasti dapat harga yang lebih murah daripada versi originalnya, klo rusak dalemannya tinggal ganti kit racing TDR part ini banyak beredar di Indonesia, jadi jangan khawatir gaes. Hanya info saja untuk unit karbu originalnya PE 28 ini di taksir sampai di atas 1 jutaan.

Selanjutnya untuk proses pemasangan karbu ini yang perlu di siapkan adalah mempersiapkan manifold atau intake sambungan dari karbu ke mesin atau biasa di sebut intake manifold bisa menggunakan manifold original dari Yamaha Scorpio, Kawasaki Binter Mercy, Honda tiger, atau bisa juga milik satria FU 150. Menurut pengalaman saya yang sudah mencoba beberapa kali lebih efisien dana man menguunakan manifold milik Yamaha Scorpio, Cuma ada sedikit perubahan pada manifold ini yaitu menutup lubang vakum di manifold ini dengan cara di pasang dengan selang bensin lalu di sumbat dengan baut, sama halnya dengan lobang oli samping di tutup juga.

Langkah kedua lepas semua komponen di dalamnya mulai dari main jet (MJ), pilot jet (PJ) ukuran (Mj 120 PJ 60), jarum skep, needle dan pelampung dari masing masing karburatordan tukar dengan komponen asli honda GL kamu. Kalau kit karbu glnya juga udah kw seperti karbu seng wey misalnya. Ya solusinya biar awet dan bertenaga beli kit karbu racing TDR seharga Rp 125 rb an. jadi ongkosnnya adalah beli Karbu kw seharga 250 rb + kit karbu tder 125 rb + ongkos bengkel 10 ribu + manipol 30 rb + lem dan tepung 5 ribu total 410 rb sudah siap blar blarrrr. klo belum puas sama tenaga honda glnya di bore up 200 cc pakai CDI BRT atau shogun kebo. juga kenalpotnya ganti yang racing.

untuk lebih memperlancar masukan bahan bakar dan gas buang lubang intake dan lubang exhouse di porting, untuk spek harian piston set memakai Honda megapro Jenong booring mrga pro dengan head tiger primer sekunder dan pompa oli gl neo teck. Setelah semuanya selesai mohon di coba dan rasakan gaees, Karena kamu akan merasa hentakan dan performa yang jauh lebih nendang..

Sekian tulisan dari saya kali ini cara setting GL 100 karbu PE 28 dan GL series semoga bermanfaat dan salam Blar Blar Blar Blar………Oh iya ini penampakan contoh motor yang sudah di modif atau di setting seperti tulisan di atas.

 

klik disini untuk tutorial cara ganti seal usd dtrscker 150, klx BF, dan dtracker 150 BF.

klik disini untuk tutorial cara service unitrack klx dtracker.

klik disini untuk tutorial Cara pasang karbu PE 28 di klx 150, dtracker 150.

Semoga Tulisan ini bermanfaat.. Thanks

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

2 Responses

  1. mas mo tanya, motor cb saya uda bore up burengkop tiger lama, knalpot freeflow. karbu pe 28 pj 40 mj 120, setelan angin 1,5 putaran
    masalahnya : kalo buat jalan nyante nggak brebet, stlah 1/4-1/5 putaran gas brebet”. kira2 apanya yang harus diganti.
    suwun.

Leave a Reply