Service Unitrack KLX Dtracker

posted in: Automotive Tricks | 2
Service Unitrack KLX Dtracker

Hai bro .. salam ngetrail..

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara service unitrack klx dtracker Karena sparepart yang satu ini sangatlah rentan akan kotoran yang akan membuat karat pada housing dan bushing sehingga membuat ayunan swing arm menjadi seret atau tidak lembut atau terjadi nya bushing unitrack aus. Untuk hal ini sangatlah tidak nyaman saat di pakai adventure atau sering di bilang TRABAS Karena suspensi tidak dapat bekerja secara maksimal, peredaman di bagian kaki belakang tidak sempurna, terdapat bunyi bunyian yang tidak nyaman di dengar, serta mengendarainya pun sangatlah tidak nyaman. “ Padahal, pemakaiannya untuk harian. Bukan yang ekstrem seperti adventure atau off-road. Mungkin bahan teflon yang dipakainya kurang bagus”. ungkap Aris Gunanto dan Galih Sono dari Offroader , Jakarta.

Untuk pembersihan atau service unitrack klx dtracker ini sebaiknya dilakukan paling minimal 4 bulan sekali dengan cara di bongkar bushing armnya unitrack nya dengan berbekal kunci 14 dan 17 untuk melepas unitracknya kemudian di lumasi dengan gemuk atau dalam Bahasa perbengkelan di sebut dengan stenped.



Dengan cara yang pertama ini cara service unitrack klx dtracker Selain dengan cara di bersihkan dan pemberian gemuk pada bushing armnya unitrack kita perlu cek juga masing masing AS unitracknya. Periksa apakah masih layak untuk di bersihkan dan di pasang kembali atau harus di ganti baru. Cara menentukanya cek pada AS apabila masih kondisinya hanya terdapat kotoran di bersihkan dan di cuci dengan air bila perlu di ampelas halus sampai benar benar bersih kemudian keringkan dan beri gemuk pelumas kemudian rakit kembali. Akan tetapi jika sudah terdapat karat yang sudah susah di bersihkan maka alangkah lebih baiknya di ganti dengan yang baru, harganya juga cukup terjangkau tidak semahal suspensi seperti shockbreaker sih bro…yang sampai jutaan. Hehehe.

Unitrack Original KLX Dtracker

Unitrack sudah terpasang bearing HK 2016

Bearing HK 2016

Untuk cara yang kedua ini cara service unitrack klx dtracker ini adalah dengan cara memodifikasi bushing armnya dengan di bawa ke tukang bubut untuk di modifikasi dengan race ball bearing atau sering di sebut klaher (laher) supaya arm bisa bekerja dengan maksimal dan ayunan yang di hasilkan juga lebih lembut. Cara ini udah sangat banyak di lakukan oleh para kracker atau pun klx lovers. Bearing yang di gunakan untuk di sematkan ke unitrack ini adalah ukuran atau kode barang HK 2016. Untuk pemasangannya bisa di sesuaikan dan di bawa ke tukang bubut. Pengerjaanya tidak begitu ribet bahkan untuk memasang dan merakitnya lagi pun cukup mudah, apalagi uga di bawa ke bengkel, hehehe.

Demikian pembahasan untuk perbaikan kaki-kaki klx dtracker ini semoga dengan tips-tips service unitrack klx dtracker ini dapat membantu anda anda yang mengalami kendala suspensi belakang klx dtracker anda tidak bekerja dengan sempurna. Salam ngetril….

Berikut adalah  tutorial Cara Pasang Karbu PE 28 di Klx 150, Klx BF, Dtracker 150

Berikut adalah tutorial Cara Ganti seal usd dtracker 150

Berikut adalah tutorial Setting Gl 100 Karbu PE 28

Semoga tulisan ini bisa membantu kawan kawan semua yang suka offroad ekstim.. 🙂

 

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

2 Responses

  1. joss mas bro

  2. Sangat membantu gan, josss gandooos đź‘Ť

Leave a Reply