Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

posted in: Automotive Tricks, Berita | 0

Dalam hal ini perbedaan Mesin diesel dan mesin bensin yang paling pertama di lihat adalah pada bahan bakarnya itu sendiri, mesin diesel menggunakan solar sedangkan mesin bensin menggunakan premium atau bensin. perbedaan mesin diesel dan mesin bensin ini sangat perlu di perhatikan saat ingin berencana membeli kendaraan, karena sangat erat hubunganya dengan biaya biaya yang di keluarkan untuk pemakaian sehari hari dan pada saat perawatan berkala.

MESIN BENSIN
Mesin Bensin

 

Mesin Diesel
Mesin Diesel

Ada beberapa point penting perbedaan mesin diesel dan mesin bensin yaitu:

1. System Kinerja Mesin.

Dalam kinerjanya sendiri perbedaan mesin diesel dan mesin bensin terdapat pada system pengapiannya jika mesin diesel system pengapiannya dengan cara kompresi tinggi yang di hasilkan sehingga terjadi penyalaan sendiri pada titik mati atas yang di tentukan, sedangkan pada mesin bensin system pengapiannya mengunakan percikan bunga api pada titik mati atas yang di tentukan sehingga terjadilah ledakan dalam ruang bakar. Sehingga mesin diesel jauh lebih kasar suaranya di banding kan dengan mesin bensin.

 2. System Bahan Bakar

Pada mesin diesel system bahan bakar ini menggunakan pompa injeksi yang di salurkan ke nozzle nozzle atau injector yang yang di injeksikan kedalam ruang bakar yang bertekanan tinggi dengan di bantu glow plug atau besi pemanas, sehingga udara dan bahan bakar solar yang di mampatkan dengan tekanan yang sangat tinggi akan terbakar dengan bantuan busi pemanas tersebut. Sedangkan untuk mesin bensin menggunakan system karburator untuk mencampurkan udara dan bahan bakar yang akan di kirimkan ke ruang bakar melalui intake manifold bahan bakar ini akan terbakar pada titik mati atas tertentu dan pada saat busi memercikkan bunga api.

3. Konstuksi Mesin

Dalam hal konstruksi mesin perbedaan mesin bensin dan mesin diesel ini mesin diesel lebih cenderung simple tidak terlalu rumit seperti mesin bensin akan tetapi dari segi bobot mesin diesel lebih berat di bandingan dengan mesin bensin karena mesin diesel di buat dengan bahan yang lebih kuat karena untuk supaya bias lebih menopang kompresi yang sangat tinggi.

4. Tenaga yang di hasilkan

Dalam hal tenaga yang di hasilkan, perbedaan mesin diesel dan mesin bensin secara umum torsi yang di hasilkan untuk torsi bawah lebih cenderung unggul mesin Diesel dari pada mesin Bensin akan tetapi torsi atas jauh lebih unggul mesin bensin dari pada mesin diesel. Untuk akselerasi mesin Diesel lebih lambat di banding mesin bensin.

5. Dari Sergi Harga dan Efisiensi

Dalam hal ini dari segi harga perbedaan mesin diesel dan mesin bensin, sudah pastinya untuk kendaraan baru harga mesin diesel lebih mahal diatas mesin bensin, dan untuk di pakai dalam perjalanan jauh mesin diesel lebih unggul irit di bandingkan dengan mesin bensin.akan tetapi untuk polusi yang dihasilkan mesin bensin jauh lebih unggul dibandingak dengan mesin diesel.

Pembahasan mengenai perbedaan mesin diesel dan mesin bensin kali ini cukup sekian semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membeli kendaraan baru maupun bekas.

 

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

Leave a Reply