Perbandingan Radiator Aluminium dan Tembaga

Perbandingan Radiator Aluminium dan Tembaga

Sahabat Marah Merah, ketemu lagi setelah sekian lama marah merah tidak posting kali ini marah merah akan membahas tentang bagaimana perbandingan radiator aluminium dan tembaga. Sering di bengkel saat mobil kita dapat masalah tentang sekitar sistem pendingin mesin atau biasa di sebut dengan radiator membahas tentang “sebenarnya bagus pakai radiator aluminium atau memakai yang dari bahan tembaga?” Marah Merah kali ini akan kupas mengenai berbagai pertanyaan dari para driver atau pemilik mobil yang sampai saat ini masih terngiang dan bingung dimanakah letak perbedaan ini dan bagaimana kelebihan dan kekurangan  masing masing.

Radiator Aluminium
Radiator Aluminium
Radiator Kuningan sedang di service
Radiator Tembaga

Mobil keluaran baru rata-rata pakai radiator alumunium,Sebenarnya hanya pihak pabrik mobil yang tahu kenapa sekarang radiator mobil pakai bahan alumunium, menurut marah merah,mungkin itu hanya untuk efisiensi karena beban atau bobot untuk aluminium jauh lebih ringan, harganya pun untuk aluminium jauh lebih murah 3 kali lipat serta alumunium jauh mudah di dapat untuk bahan bakunya sehingga perusahaan atau pabrik bisa selalu produksi.

Apakah bahan alumunium lebih bagus dalam hal melepas panas? Jawabanya adalah sama, menurut kami daya lepas panas antar alumunium dan tembaga sama saja.

Bisa gak radiator alumunium di service?

Sebelumnya kami jelaskan,bahwa radiator alumunium itu ada 2 jenis. Yang pertama jenis alumunium dengan cover tank aluminium. Dan yang kedua alumunium dengan cover tank plastik. Sedang kan yang bisa di service hanyalah radiator jenis kedua yang menggunakan bahan kombinasi antara radiator alumunium dengan cover tank plastik.Sedangkan untuk radiator yang fuul alumunium tidak dapat di service.

Katanya radiator alumunium itu kalau bocor sudah tidak dapat di tambal ya? Sebenarnya tinggal tingkat kebocoran nya seperti apa,kalau kebocoran yang di sebabkan pengapuran memang sudah tidak bisa di tambal.Tapi kalau kebocoran karena terbentur benda atau bersifat masih baru kami masih kemungkinan bisa di perbaiki.

Anda tadi mengatakan bocor karena pengapuran,apa yang di maksud dengan pengapuran? Sebenarnya ini adalah perbedaan paling mencolok antar radiator alumunium dan tembaga. Alumunium itu bersifat penetralisir kapur,yang artinya alumunium itu akan menyerap zat kapur yang terdapat pada air radiator. Kalau kita mengisi radiator memakai air sumur atau pam yang banyak mengandung kapur maka kapur tersebut akan menempel pada alumunium dan lama kelamaan kapur itu akan menebal.Kalau kapur dah menebal dia akan menggerogoti logam/alumunium tersebut dan akan menimbulkan pengapuran. Sebagai contoh ceret/kuwali untuk merebus air yang bagian bawahnya akan tibul endapan putih.karena memang itulah sifat alumunium,yaitu penetralisir kapur.Tentu ini bagus untuk kesehatan manusia,tapi buruk untuk radiator. Sifat lain dari alumunium adalah lunak.jenis logam ini lebih lunak di bandingkan logam jenis lain seperti tembaga,kuningan,besi dll. Kalau dah terjadi pengapuran/kebocoran ya lebih baik di ganti dengan radiator baru.

Kalau dah terjadi pengapuran dan kebocoran terus bagaimana?

Kalau dah terjadi pengapuran/kebocoran ya lebih baik di ganti saja.mau di ganti pakai yang tembaga atau alumunium,monggo terserah anda.

Kira-kira berapa tahun sih mas daya tahan radiator alumunium itu dan kapan harus di ganti?

Daya tahan alumunium ini bermacam-macam om,ada yang 1 tahun dah pada bocor,ada yang 5 tahun bocor,bahkan ada yang 10 tahun baru bocor.Semua itu tergantung dari bahannya tebalnya,kekerasannya,kelenturannya. Dan juga tergantung pengisian airnya pakai apa. kapan harus ganti,ya tergantung seberapa parah kebocorannya,ada lho radiator alumunium yang di pakai baru 2 bulan sudah pada bocor. Dari petikan tanya jawab di atas maka dapat kami simpulkan sebagai berikut Radiator alumunium

  • Menetralisir kapur
  • Lunak
  • Kalau bocor karena pengapuran tidak bisa di tambal
  • Daya tahan rata-rata 5 tahun
  • Harga lebih murah

Radiator tembaga

  • Tidak menatralisir kapur
  • Lebih keras dari alumunium
  • Kalau bocor masih bisa di tambal
  • Daya tahan lebih dari 20 tahun
  • Harga relatif lebih mahal

Demikian kesimpulan kami tentang perbandingan radiator alumunium tembaga. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk kita semua. Seandainya dalam postingan kami ini banyak kekurangan yang mungkin kami belum tahu,silahkan para sahabat menambahkan pada kolom komentar atau bisa kirim via email di admin@marahmerah.com

Di Tulisan perbandingan radiator aluminium dan tembaga ini kami beri contoh untuk repair radiator tembaga bawah ini dalam berupa video

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *