Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak | Marah Merah

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

Mesin Overheat
Mesin Overheat

 

Marahmerah.com – Mesin mobil mati mendadak saat di kendarai di pengaruhi oleh beberapa faktor, bayangkan saja alih alih kita akan bertamasya yang melampauhi perjalanan yang jauh tiba-tiba mesin mobil mati mendadak dan kita tidak mengetahui beberapa faktor apa penyebabnya, hal ini akan membuat kita merasa gaduh dan tidak jadi mendapatkan kegembiraan yang akan di lalui. Untuk mengetahui penyebab mesin mobil mati mendadak setiap mobil akan berbeda beda tergantung jenis mobil dan teknologi mesin mobil yang di gunakan.

Ada beberapa hal penyebab yang sepele seperti busi mati, atau faktor lain yang sangat krusial yang menyebabkan mesin mobil mati mendadak dan mengakibatkan kerusakan yang fatal. Oleh karena itu di saran kan agar melakukan service rutin yang di rekomendasikan oleh bengkel resmi sesuai dengan brand masing masing mobil. Dalam hal ini marahmerah.com akan membahas beberapa faktor utama penyebab mesin mobil mati mendadak atau mesin tiba-tiba mati sendiri.

  • Tidak mendapat suplai bahan bakar

Dalam hal ini yang sering terjadi adalah pompa bensin atau pompa bahan bakar yang rusak sehingga mengakibatkan suplai bahan bakar menuju ruang bakar tidak terjadi karena tidak ada pemompaan bahan bakar menuju ke nozle sehingga tidak dapat mengabutkan bahan bakar ke ruang bakar jika sistem suplai bahan bakar menggunakan teknologi injeksi atau ke karburator jika sistem suplai bahan bakar yang menggunakan sistem karburator.

Atau yang paling sering dialami adalah kerusakan pada sistem indikator bahan bakar yang problem dimana dalam keadaan bahan bakar habis, indikator bensin tetap mengindikasikan bahwa masih ada, dimana sebenernya dalam tangki bahan bakar tersebut sudah habis sehingga pompa bahan bakar tidak bisa memompakan bahan bakar ke injector atau nozle. Biasanya keadaan ini terjadi akibat pelampung bensin macet karena tangki bahan bakar terkena benturan sehingga penyok dan mengganggu fungsi normal pelampung bahan bakar.

  • Over Heat atau Temperatur tinggi

Biasanya Over Heat ini terjadi akibat sistem pendingin pada mesin mobil rusak atau ada beberapa komponen pada sistem pendingin mesin yang rusak. Sehingga perputaran air pendingin yang terjadi pada sistem pendinginan tidak terjadi secara normal hal ini bisa di akibatkan beberapa hal antara lain radiator bocor, selang radiator pecah, kipas pendingin tidak bekerja, water pum rusak, tali kipas water pump putus dan masih ada kemungkinan yang lain.

Saat mesin Overheat ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika sampai packing silinder head bocor, silinder kop bengkok, atau silinder head retak hal ini akan mengakibatkan kerusakan yang terjadi fatal yang harus di lakukan service besar pada mesin atau overhoul. Sehingga untuk menghindari hal hal demikian selalu periksa sistem pendingin yaitu air radiator selalu dicek, belt water pum dan belt lainya selalu ganti sesuai waktu dan rekomendasi bengkel resmi, dan sering menengok indikator temperatur saat bepergian jauh jika udah mulai naik atau berkedip jika sistem digital  segeralah berhenti dan periksa sistem pendingin mobil keseluruhan.

  • Timing Belt Putus

Banyak kejadian pada mobil hal ini yaitu mesin mobil berhenti mendadak akibat Timing Belt putus. Jika ini terjadi maka akan berdampak banyak komponen pada mesin yang rusak dan kejadian ini bisa berakibat sangat fatal bahkan yang rusak pada komponen ini adalah komponen kompoonen yang penting yang harganya cukup merogoh kantong. Dampak atau resiko timing belt putus terhadap mesin mobil adalah sebagai berikut:
1. Klep mesin  bengkok karena bertubrukan dengan piston.
2. Piston rusak karena terjadi tabrakan dengan klep kemungkinan bisa terjadi piston berlobang.
3. Pada kendaraan tertentu jika timing belt putus hanya akan menyebabkan mesin tidak bisa hidup tanpa terjadi tabrakan antara klep dan piston, hal ini tergantung dari konstruksi bentuk bagian atas pada piston.

  • Tidak Terdapat Bunga Api pada Busi

Sistem pengapian juga sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil hal inipun juga bisa terjadi pada motor. Jika pengapian tiba-tiba hilang maka mesin akan tiba-tiba berhenti juga. Hal-hal yang mengakibatkan pengapian tib-tiba hilang bisa terjadi beberapa faktor yaitu Koil pengapian rusak, igniter dan TCI (Transistor Cotrol Ignition) rusak, Fuse Ignition putus, ECM problem, Delco rusak, kabel busi putus atau busi mati dan sebagainya. Untuk menghindari hal-hal yang demikian tetap rekomendasi untuk service rutin ke bengkel resmi untuk mengetahui hal-hal atau komponen mesin yang perlu di ganti, karena mesin mobil memang ada bebrapa yang perlu penggantian berkala dalam jangka pendek dan ada yang perlu penggantian berkala dalam jangka panjang.

Demikian ulasan tentang mesin berhenti mendadak dan 4 hal faktor terpenting yang perlu di perhatikan jika terjadi hal ini di perjalanan anda, semogak tips & trick tulisan ini bermanfaat, jangan lpa isi masukan dan komentar pada kolom komentar dibawah ini. Salam Otolovers.