Pengertian Nilai Oktan dan Pengaruhnya Terhadap Mesin

posted in: Automotive Tricks | 2

Pengertian Nilai Oktan dan Pengaruhnya Terhadap Mesin

Octan Logo
Octan Logo

Pada tulisan kali ini marah merah akan membahas tentang pengertian nilai oktan dan pengaruhnya terhadap mesin. Oktan sering terdengar saat membahas masalah bahan bakar, kita juga sering melihat nilai oktan yang tertera di papan reklame Pom Bensin dimana anda membeli bahan bakar. secara tidak sadar kita juga selalu memakai nilai oktan dimana nilai tersebut berada dalam bahan bakar yang kita beli untuk kendaraan kita.

Nah Oktan sendiri adalah angka yang menunjukan tingkat ketukan (knocking) yang di timbulkan bensin saat terjadi pembakaran. Angka oktan sendiri memiliki dua versi yang pertama reseach octane number (RON) yang kedua motor octane number (MON). MON atau RON adalah dua lembaga yang bertugas Menguji nilai atau angka angka ini, MON dan RON adalah istilah dimana angka yang mempresentasikan ketahanan bahan bakar di dalam mesin tanpa terjadi penyalaan sendiri.

Angka angka ini di peroleh setelah bensin dilakukan pengujian dalam situasi yang berbeda dimana menekankan pada performa mesinuntuk melihat bagaimana bahan bakar berperilaku pada berbagai situasi. biasanya saat kita membeli kendaraan akan mendapatkan informasi dan spesifikasi bahwa mesin tersebut harus menggunakan nilai octan yang telah di tetukan sesuai spesifikasi perbandingan kompresi pada mesin, karena sangat erat kaitanya antara kompresi mesin dengan pemakaian nilai oktan bahan bakar, karena semakin tinggi nilai oktan maka akan semakin besar tekanan yang di butuhkan bahan bakar untuk menghasilkan ledakan di dalam mesin.

Jika nilai oktan tidak di sesuaikan dengan perbandingan kompresi mesin maka akan menimbulkan knocking atau detonasi pada mesing tersebut, artinya terjadi ledakan otomatis atau auto ignite di dalam ruang bakar sebelum saatnya. Dalam arti lain campuran bahan bakar dan udara yang di kompresikan menghasilkan temperatur yang tinggi, nah dalam keadaan ini campuran bahan bakar dan udara ini akan akan meledak sendiri sebelum terjadinya percikan bunga api.

hal hal yang terjadi akhibat terjadinya detonasi ini adalah:

  1. Mengakibatkan piston atau yang sering di sebut seher mengalami hentakan yang terjadi sesaat sebelum di titik mati atas sehingga terjadi tabrakan yang mengakibatkan piston berlubang lubang.
  2. Tenaga menjadi berkurang dan suara berisik atau sering di sebut ngelitik.
  3. Tarikan awal menjadi loyo karena tidak bisa berakselerasi dengan cepat.

Maka dari itu sesuaikan bahan bakar untuk kendaraan anda dengan dasar nilai oktan dengan perbandingan kompresi yang sesuai.

  1. Premium dengan nilai oktan 88 untuk kendaraan berkompresi antara 7:1 sampai 9:1
  2. Pertamak dengan nilai oktan 92 untuk kendaraan berkompresi antara 9:1 sampai 10:1
  3. Pertamax plus dengan oktan 95 untuk kendaraan berkompresi antara 10:1 sampai 11:1

Demikian tulisan kali ini marah merah membahas tentang Pengertian Nilai Oktan dan Pengaruhnya Terhadap Mesin. Semoga bermanfaat.

 

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

2 Responses

  1. mau nanya mas,perhitungan kompresinya darimana ya?kalau dibandingkan dengan tulisan disini : https://masshar2000.com/2013/09/04/menghitung-kompresi-bensin-apa-yang-cocok-buat-motor-kamu/

    nilai kompresi yg tertera di tulisan mas jadi agak aneh

    • Marah Merah

      Maaf Mas kebetulan Saya belum membahas Dan menghitung masalah kompresi Saya baru membahas masalah pengaruh nilai Oktan terhadap mesin. Coba nanti akan saya posting untuk yang Mas tanyakan, kalo sudah ready nanti saya info mas

Leave a Reply