Pengaruh Knalpot Racing Terhadap Mesin Standart

posted in: Automotive Tricks, Berita | 0
Knalpot Mobil
Knalpot Mobil

 

Knalpot Racing 4T
Knalpot Racing 4T

 

Pengaruh Knalpot Racing Terhadap Mesin StandartBeberapa banyak pengendara dan pengguna motor atau mobil di negara kita ingin sekali saat mengendarai motor atau mobilnya mendapatkan tarikan yang enteng dan kecepatan yang maksimal dengan cara mereka mengganti knalpot racing di kendaraan baru mereka. Modifikasi mengganti knalpot racing pada kendaraan atau mobil baru atau kendaraan standart ini di harapkan dapat mendongkrak kecepatan mesin, Padahal menurut Aris Gunanto pakar otomotif Jakarta, penggantian knalpot racing pada mesin standart ini sangatlah tidak efisien, karenya selain tidak mendongkrak secara optimal akan memperpendek umur service besar pada kendaraan tersebut juga hanya akan membuat efisiensi bahan bakar menjadi boros saja.

Lantas apa yang harus di lakukan untuk Penggantian Knalpot Racing ?

Untuk mengoptimalkan penggantian knalpot racing ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu baiknya mesin juga haru di mofifikasi. Misalnya perubahan pada pengapian, perubahan pada noken as,perubahan pada sistem supply bahan bakar, perubahan terhadap structur jalur mesin atau porting polish, perubahanpada magnet, yang pasti semuanya harus di sesuaikan sehingga pembakaran dan output pembuangannya juga seimbang.

KNALPOT RACING RX KING 2T
KNALPOT RACING RX KING 2T

 

Banyak kaum otomotif untuk mengakali pemakaian knalpot racing ini dengan memodifikasi knalpot standar saja atau di bobok yang akan mendapatkan suara yang diinginkan akan tetapi tidak terlalu menggangu kierja mesin. Ada juga yang mengakali mesinstandart ini denganmain penggantian peer kopling dan pengapian saja. Perlu di ingat juga tidak semua knalpot yang di jual di pasaran ini bisa menambah akselerasi dan top speed yang diinginkan karena kalo tidak sesuai dengan setingan mesin dan pengapian maka yang di hasilkan hanyalah sia sia.

Keuntungan  Menggunakan knalpot Racing :

  1. Bisa meningkatkan akselerasi dan power pada motor walaupun tidak terlalu berpengaruh untuk motor standart tapi sangat efisien untuk kendaraan yang sudah di modifikasi pengapian dan mesinya.
  2. Membuat peengendara lain yang ada di depan kita sedikit minggir saat di jalan.
  3. Untuk motor touring tentunya suara knalpot racing akan membantu mengatasi ngantuk di perjalanan.

Kerugian Menggunakan Knalpot Racing

  1. Suara Motor menjadi berisik dan menggangu tetangga.
  2. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dan tidak efisien.
  3. Masa Service besar akan menjadi lebih cepat.
  4. Menggangu orang yang sedang beribadah jika lewat pinggir tempat beribadah.
  5. Selalu menjadi incaran polisi untuk di tilang, dan semakin dekat dengan maut karena bawaanya pengen ngebut.

Nah dengan ulasan Pengaruh Knalpot Racing Terhadap Mesin Standart ini semoga para rider mempertimbangkan untuk penggantian knalpot Racing apakah sangat di perlukan atau tidak. Mungkin penggantian knalpot racing ini hanya efisien untuk motor atau mobil  yang akan di turunkan untuk ajang balapan resmi. Sekian bahasan dari admin kali ini, Salam Oto mania..

 

 

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

Leave a Reply