Cara Memasang Oil Cooler Di Yamaha Scorpio

posted in: Automotive Tricks | 0

Memasang Oil Cooler Di Yamaha Scorpio

Cara memasang oil cooler di yamaha Scorpio ini memang siasat yang sangat tepat mengingat motor ini adalah motor yang lumayan sangat gagah, bervolume dan bertorsi besar. Banyak yang menilai bahwa motor ini tergolong cepat dan bertenaga besar. Dengan spesifikasi mesin yang lumayan besar motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 13,4 kW pada 8000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 13,4 nM, motor ini menggunakan mesin tipe 1 silinder tunggal dengan Volume mesin berkapasitas 223 cc dengan kompresi yang dihasilkan 9,5:1, kebayang kan jika di pakai di area jakarta yang penuh dengan kemacetan akan menimbulkan panas mesin yang begitu menyambar kaki hawa panasnya “Ucap Street Rider asal depok Ady Ginanjar”. berikut spesifikasi mesin detail.

Engine Scorpio

TipeSatu Cilinder 4 tak

SOHC

Volume223 cc
Perbandingan Kompresi9.5:1
Daya Maksimal13,4 kW pada 8000 rpm
Torsi Maksimal13,4 nM
Sistem PengapianCDI
KoplingBasah 5 Keping
Kotak Pesneling5 Percepatan
PelumasanGenangan Basah
Minyak Mesin10/40
Pasokan Bahan BakarKarburator Vacum
Pembersih UdaraElemen Busa
Penyalaan MesinKick Starter dan Electrik Starter

 

Untuk pemasangan oil Cooler pada yamaha scorpio ini adalah ada 2 jenis yaitu dengan memasang paketan yang udah jadi yang sudah di jual di toko toko assesories motor yang terkenal dan lengkap, yang kedua dengan cara membuat jalur sendiri dengan selang minyak rem mobil. hal hal yang perlu di siapkan untuk pemasangan sistem sirkulasi oil cooler dengan buatan sendiri ya.

Part yang harus di sediakan
  1. Coller Original Suzuki Satria
  2. Selang Minyak Rem Mobil ukuran panjang 30-40cm 2 buah
  3. klem selang 4 buah.
  4. Oli Mesin 1200 cc (butuh 2 kaleng oli paketan 1 ltr
Cara Pemasangannya yaitu
  1. Buang oli mesin yang sudah terpakai. (tap Oli)
  2. Lepas selang sirkulasi oli yang melingkar melilit blok mesin yang lewati belakang blok mesin (yang dari arah pompa oli menuju bagian kiri bok mesin).
  3. Potong selang sirkulasi menjadi dua bagian.(yang dari arah pompa oli menuju bagian kiri bok mesin)
  4. Pasang potongan pipa sirkulasi yang (yang dari arah pompa oli menuju bagian kiri bok mesin) tadi dengan cara pemasangan di balik sehingga potongan mengarah kedepan yang nanti masing masing akan di sambungkan dengan dengan selang minyak rem yang di ikat dengan klem selang.
  5. Sambungkan ujung selang minyak rem ke Oil Coller sirip original Satria FU 150 cc. di bawah adalah beberapa penampakan gambar sebagai referensi.
Pemasangan Oil Coller Pada Yamaha Scorpio
Pemasangan Oil Coller Pada Yamaha Scorpio

 

Posisi Pemasangan Selang Oil Cooler Yamaha Scorpio
Posisi Pemasangan Selang Oil Cooler Yamaha Scorpio

 

Tipe Selang yang digunakan
Tipe Selang yang digunakan

 

Setelah semuanya terpasang seperti gambar di atas, jangan lupa pengisian oli dengan kapasitas 1350 cc karena mendapat tambahan untuk mengisi pada selang dan dalam coolernya. Cara ini sangat efisien untuk meredam panas saat motor di gunakan jarak jauh atau di gunakan di kawasan yang eksta macet seperti Jakarta. Demikian pembahasan kali ini tentang Cara Memasang Oil Cooler Di Yamaha Scorpio, Jika ada salah kata atau kekurangan mohon meninggalkan pesan di bawah ini dengan bersifat membangun. Semoga bermanfaat

Follow Marah Merah:

Knowledge Is Power

Leave a Reply