Cara Ganti Seal USD Dtracker

Cara Ganti Seal USD Dtracker

Kawasaki Dtracker dan KLX 150 ini adalah motor yang sangat di idam idamkan oleh kaum adam yang suka adventure dan suka adrenalin yang tinggi, motor ini sangat cocok di segala medan bahkan tidak jarang motor yang berparas trail ini di pakai sehari hari untuk bekerja. Di postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara ganti seal USD dtracker 150.

Belakangan ini sangat pesat beredarnya motor ini di Indonesia, banyak kalangan dari orang orang motor ini di gunakan untuk olahraga, adventure bahkan sengaja di gunakan untuk perjalanan di hutan atau pegunungan “TRABAS” untuk itu kali ini saya akan membahas tentang cara ganti seal usd dtracker 150.

Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mengatasi seal Shockbreaker depan KLX atau Dtracker yang mengunakan model UPSIDE DOWN atau sering di sebut oleh kalangan bengkel atau anak anak otomotif USD. Dalam penggantian Seal usd dtracker 150 ini perlu di lakukan beberapa step untuk merakitnya kembali, perlu di ketahui bahwa sering terjadi setelah penggantian Seal usd dtracker 150 dan memasangnya atau merakitnya kembali sering terjadi shock absorber Upside Down yang sebelah kanan ambles atau tidak memantul, nah untuk mencegah hal ini supaya tidak menjadi kerjaan dua kali, maka ada  yang harus di lakukan beberapa tips untuk memaksimalkan suspensi sesuai dengan yang kita inginkan.

Berikut step step pembongkaran :

  1. Lepas dan uninstall ban depan dengan cara motor di dongkrak dan lepas kunci ban sehingga roda bias terlepas dari tempatnya.
  2. Buka baut pengikat tabung Upside down yang mengaitkan antara segitiga atas dan bawah sehingga satu tabung upside down (PIPE FORK OUTER LH,RH) full terlepas sebelah kiri dan kanan.
  3. Buka penutup tabung upside down SEAT FORK SPRING dari tabung upside down dengan kunci 30 sampai terbuka dan buang isi oli di dalamnya.
  4. Lepaskan Seal topi yang luar kemudian buka spring pengunci sealnya.
  5. Tarik dan pisahkan antara tabung upside down dengan batang as yang di dalam hingga seal oli yang dalam keluar dan batang as dalam terpisah dengan tabung upside downnya jangan lupa di hafalkan karena saat sebelum keluar seal ada karet damper dan ring didalamnya.
  6. Bersih kan semua part yang sudah di lepas atau uninstall
  7. Rakit kembali USD dtracker 150 ini khusus Untuk bagian sebelah kanan sebelum penutup tabung di tutup dan setelah di isi dengan oli 350cc, harus dilakukan bleading Karena karenan untuk membuang tekanan udara atau memvakumkan, Karena usd sebelah kanan ini tidak menggunakan peer dan berfungsi sebagai damper saja. Untuk proses pemompaan ini dilakukan sampai di perkirakan tidak terdapat udara di dalam sehingga saat di pasang suspensi mengayun dengan lembut                           
  8. Rakit Kembali USD sebelah kiri, disini tidak ada trik khusus semacam di sebelah kanan hanya di rakit kembali seperti semula, pengisian oli di sebelah kiri ini 180cc berbeda dengan sebelah kanan Karena di usd sebelah kiri ini terdapat peer.
  9. Setelah semua USD di rakit pasang kembali dan pastikan baut pengikat ke Segitiga kencang (jangan kekencengan Karena bisa slek atau rusak).
  10. Pasang roda kembali dan kemudian coba di jalanan yang sedikit terjal.

Di bawah ini adalah Video cara install dan uninstall Upside down

Untuk lebih mudahnya atau lebih jelasnya bisa di lihat video di bawah ini adalah bagaimana caranya untuk membuang angin atau BLEADING dengan cara di pompa secara berkala saat pengisian oli untuk upside down sebelah kanan. Ini harus dilakukan supaya suspense bisa berjalan dengan lembut dan nyaman. Akhir kata dari pembahasan cara ganti seal usd dtracker 150 ini semoga bermanfaat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *